Selasa, 19 Maret 2024

5 Hal yang Harus Tahu tentang Egy Maulana Vikri

Berita Terkait

Egy punya fakta menarik yang patut dilihat ke depannya. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

batampos.co.id – Egy Maulana Vikri boleh dibilang sebagai bintang dalam ajang Piala AFF U-18 2017, setidaknya pada tim merah-putih.

Garuda Nusantara boleh cuma jadi juara tiga gelaran itu. Namun Egy berhasil menjadi yang terbaik dan menyabet gelar top scorer dengan torehan 8 golnya itu.

Keitimewaan Egy jelas merupakan kabar bahagia untuk sepak bola Indonesia. Sebab sudah lama rasanya pemain Indonesia tak ada yang nangkring di urutan teratas pencetak gol internasional sebelum Egy.

Banyak fakta menarik pemain asal Medan itu. Apa saja? Berikut lima di antaranya:

1. Ikuti Jejak Ronaldo dan Zidane
Egy Maulana dapat penghargaan bergengsi di Prancis. (PSSI.org)

Egy Maulana Vikri sukses mendapatkan penghargaan di turnamen Toulon. Dia mengikuti jejak Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane yang pernah raih penghargaan itu.

Meski Indonesia tak mampu lolos ke fase berikutnya, Egy dinilai tampil impresif. Dia dianggap punya pengaruh besar di Garuda Nusantara.

Hingga akhirnya panitia memberikan penghargaan ouer Revelation Trophee Toulon Turnament 201. Tiap tahun, hanya satu pemain yang menerima Piala ini. Biasanya, penghargaan ini sebenarnya diberikan di akhir turnamen. Namun, berhubung timnas U-19 Indonesia bakal segera pulang, penghargaan itu langsung diberikan

2. Sempat Menarik Hati Milla
Egy juga sempat dipanggil ke timnas U-22. (PSSI.org)

Penampilan dan bakat yang dimiliki Egy Maulana ternyata sempat menarik hati Milla. Hingga akhirnya Egy dipanggil ke dalam skuat seleksi.

“Saya sempat kaget ketika dipanggil Luis Milla untuk seleksi di timnas U-22. Namun saya ingin buktikan diri,” ungkap Egy kala itu.

Namun demikian, Egy dicoret dari seleksi. Sepertinya dia memang difokuskan dahulu ke timnas U-19.

4. Idolai Lionel Messi
Egy punya gaya mirip dengan Messi. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

Egy belakangan mendapat julukan Messi Kelok 9 oleh para netizen Indonesia. Hal itu berkat aksi dribbling gemilangnya bersama Garuda Nusantara.

Sebenarnya memang Messi merupakan idola pemain 7 Juli 2000 itu. Dia pernah terus terang menjadikan Messi sebagai panutan.

“Saya terinspirasi dari gaya Messi. Apalagi saya dengan dia sama-sama menggunakan kidal sebagai kaki utama,” papar dia.
Dikagumi Pelatih Espanyol
Egy cemerlang saat uji coba lawan Espanyol B

Egy cemerlang saat uji coba lawan Espanyol B (PSSI.org)

Egy Maulana sempat membuat sensasi saat uji coba melawan Espanyol B beberapa waktu lalu. Mantan pemain Persab Brebes itu sukses mencetak dua gol saat Indonesia U-19 takluk 2-4 dari Espanyol B.

Namun demikian, penampilan impresif pemain bernomor 10 tersebut dapat acungan jempol dari Pelatih Espanyol B, David Gallego. Dia bahkan sebut gaya main Egy seperti Messi.

“Egy bermain seperti Lionel Messi karena bisa melewati beberapa pemain lawan. Egy menunjukkan permainan dan kualitas teknik yang sangat bagus,” ujar Galego kala itu.

5. Pernah Jadi Top Scorer di Swedia

Egy Maulana pernah jadi top skorer di Gothia Cup (Instagram egymaulanavikri)

Naluri mencetak gol yang tinggi Egy ternyata sudah tercium sejak tahun lalu. Sebelum jadi top skorer di Piala AFF U-18 2017, Egy juga jadi pencetak gol terbanyak di Swedia.

Hal itu saat dia membawa ASIOP Apacinti jadi juara di Gothia Cup 2016 lalu. Dia menjadi top skorer dalam gelaran yang dihelat di Swedia tersebut.

Bahkan catatan golnya menyentuh sampai 28 gol. Jelas hal ini menandakan kalau Egy bukan cuma predator mengerikan, tapi konsisten dalam urusan cetak gol. (ies/JPC)

Update