Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin menyerahkan helm kepada salah seorang pengojek di Dabo Singkep, Senin (18/9) pagi. F. Wijaya Satria/Batam Pos
batampos.co.id – Dengan mengendarai sepeda motor trail Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi bersama Kasat Lantas AKP Indra Jaya dan sejumlah personil Satlantas Polres Lingga keliling Kota Dabo Singkep melakukan sosialisasi safety reading dalam kegiatan, tahun keselamatan untuk kemanusiaan 2017.
Selain itu, mereka juga menyambangi pangkalan ojek serta membagikan helm gratis kepada perwakilan ojek yang ada. Tak hanya itu, kegiatan berlanjut dengan aksi sosial yakni memberikan sejumlah paket sembako ke Panti Jompo Tuah Bunda. Penyerahan sembako tersebut bersempena memeriahkan HUT ke 62 Polantas.
“Selain sosialisasi kegiatan kali ini juga dibarengi dengan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada panti jompo dalam rangka memperingati HUT ke 62 Polantas,” kata Ucok ketika ditemui setelah menyerahkan helm kepada tukang ojek di simpang Sakura, Dabo Singkep, Senin (18/9) pagi.
Ucok menambahkan, dari kajian yang didapat terhadap kecelakaan lalulintas yang selama ini terjadi, faktor utama penyebab kematian adalah luka di kepala. Untuk itu perlu dilakukan tindakan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan dalam berkendara, terutama pengendara sepeda motor, salah satunya dengan memakai helm.
Untuk tahap awal, sambung Ucok, Polantas di bawah pimpinannya akan melakukan sosialisasi selama sebulan kedepan. Setelah itu, mereka akan melakukan penegakan peraturan dengan menggelar razia di sejumlah titik di Dabo Singkep dan direncakan juga akan digelar di Daik Lingga.
“Yang paling penting yakni memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama pengendara kalau mengenakan helm untuk keselamatan bukan semata takut dengan razia. Sayangi keluarga yang menunggu di rumah,” ujar Ucok.
Tak lupa Ucok memberikan tips agar menciptakan keselamatan dalam berkendara. Paling utama Ucok menyarankan jangan lupa berdoa, selanjutnya mengecek kelayakan kendaraan seperti rem dan sebaginya. Setelah semua beres, ketika pengendara telah berada di atas sepeda motor jangan lupa memakai helm.
Ketua ojek Dabo Singkep Baharuddin mengucapkan terimakasih kepada Kepolisian yang sangat perduli kepada keselamatan pengojek di Dabo Singkep. Tidak hanya kali ini, Baharuddin mengaku sering mendapatkan bantuan dari kepolisian seperti rompi dan jaket dan sebagainya. (wsa)

Respon Anda?

komentar