Selasa, 19 Maret 2024

Skytrain Bandara Soetta Resmi Beroperasi, Pariwisata Indonesia Makin Kompetitif

Berita Terkait

Fasilitas dan layanan di Bandar Udara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, semakin berkelas dunia. Menyusul diresmikannya kereta layang tanpa awak (Skytrain), Minggu (17/9) setelah sebelumnya dilakukan uji coba.

Kehadiran Skytrain ini tentunya akan membuat salah satu pintu masuk utama wisatawan dunia ini bakal semakin nyaman dan memberikan pengalaman travelling menyenangkan. Sebab, menurut Menpar Arief Yahya, 30% Wisman masuk via Soekarno Hatta, 40% lewat Ngurah Rai Bali dan 20% menyeberang ke Batam Bintan (Kepri).

Pariwisata Indonesia bakal semakin kompetitif.
Peresmian Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. Dalam kesempatan itu ketiganya sempat mencoba langsung kereta yang melayani perpindahan penumpang antarterminal ini.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pengerjaan Skytrain hingga akhirnya resmi beroperasi hari ini hanya membutuhkan waktu selama 12 bulan. Hal ini menunjukkan sinergi yang baik antara BUMN dengan swasta dan perusahaan asing.

“Saya sangat bangga karena dalam waktu 12 bulan bisa selesai. Ini berkat sinergi yang baok antara Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan,” ujar Rini Soemarno.

Kehadiran Skytrain dikatakan Rini tentunya bakal meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang. Termasuk juga wisatawan mancanegara yang tahun ini ditargetkan mencapai angka 15 juta kunjungan.

Hal senada dikatakan Menhub Budi Karya Sumadi. Ia mengaku sangat bangga dengan apa yang dicapai Angkasa Pura II. Pengoperasian Skytrain hari ini bertepatan dengan Hari Bhakti Kemenhub. “Angkasa Pura II telah memberikan satu bakti yang luar biasa kepada masyarakat melalui skytrain ini,” kata Budi Karya Sumadi.

Secara khusus ia menyebut kehadiran Skytrain akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan salah satu pintu masuk utama wisman.
Bandara ibarat halaman depan Indonesia yang menjadi pintu gerbang utama tempat orang asing menginjakkan kaki di Indonesia.

“Soekarno-Hatta ibaratnya adalah showcase dari Indonesia. Sehingga tidak hanya harus cantik dan baik dari sisi tampilan, tapi juga memiliki fungsi yang baik seperti bandara-bandara lain,” kata Budi Karya.

Ia pun yakin dengan ini maka kehadiran wisman akan semakin banyak. Wisman akan semakin tergoda untuk hadir dan leisure ke Indonesia. Menikmati berbagai keindahan alam, budaya dan segala keindahan lainnya.
“Indonesia semakin kompetitif. Turis semakin banyak,” kata dia.

Pengoperasian Skytrain dilakukan menyusul Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 841 Tahun 2017 tentang Izin Operasi Perkeretaapian Khusus kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Pada tahap awal, Skytrain beroperasi untuk melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya pada pukul 07.00 ā€“ 09.00 WIB, lalu 12.00 ā€“ 14.00 WIB, serta 17.00 ā€“ 19.00 WIB.

Nantinya, Skytrain akan beroperasi 24 jam dalam 1 hari. Penumpang pesawat juga dapat mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan Skytrain melalui aplikasi Indonesia Airport di smartphone iOS dan android.

Adapun lintasan yang dilalui pada tahap awal ini adalah sepanjang 1.700 m dan kapasitas 1 set Skytrain yang terdiri dari 2 kereta ini adalah sebanyak 176 orang.

Pada tahap awal ini operasional Skytrain akan tetap melibatkan pengemudi hingga sekitar 6 bulan ke depan sebagai bagian dari familiarisasi dan sosialisasi kepada publik, dan setelah itu Skytrain akan beroperasi tanpa awak.

Sementara itu pada tahap selanjutnya Skytrain akan menghubungkan Terminal 3, Terminal 2, stasiun kereta bandara, dan Terminal 1 dengan total lintasan dual track mencapai 3.050 m atau sekitar 3 kilometer. Saat beroperasi penuh, headway Skytrain ditetapkan setiap 5 menit dengan total waktu tempuh 7 menit.

Skytrain merupakan moda transportasi kereta tanpa awak pertama di Indonesia yang menggunakan sistem automated guideway transit, dan kami berharap keberadaannya dapat menjadi semacam inisiator perkembangan moda transpotasi di Indonesia demi kemudahan perpindahan masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pengoperasian Skytrain ini juga merupakan salah satu persiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018.

“Skytrain sebagai moda transportasi publik modern yang belum pernah ada sepanjang sejarah di Indonesia sekarang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini menandakan dunia transportasi nasional terus berkembang demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,ā€ ujar Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin menjelaskan, layanan Skytrain ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Baik bagi penumpang pesawat atau pengunjung bandara. “Sama sekali tidak dikenakan tambahan biaya,” katanya.

Awaluddin memastikan, kehadiran Skytrain tidak akan menghentikan layanan shuttle bus yang selama ini melayani perpindahan penumpang antarterminal.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat happy dengan kehadiran layanan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta. Kehadiran Skytrain dikatakanya melengkapi kado spesial pariwisata Indonesia setelah kemarin Indonesia meraih dua penghargaan United Nations World Tourism Organizations (UNWTO) Video Competitions 2017 untuk kategori video pariwisata terbaik kawasan Asia Timur dan Pasifik serta People Choice Award.

“Indonesia semakin mengglobal. Pariwisata Indonesia bakal semakin kompetitif,” ujar Menpar Arief Yahya.

Aksesibilitas, ujar Menpar Arief Yahya merupakan hal penting yang memiliki pengaruh penting terhadap pariwisata. Dengan akses yang baik, maka arus wisatawan akan semakin mudah dan nyaman.

“Kita tidak pernah khawatir dengan keragaman atraksi. Indonesia punya banyak ragam atraksi yang besar. Sehingga akses dan amenitas juga harus dapat menunjang dengan baik,” ujar Menpar Arief Yahya.(*)

Update