Pulau Midai Natuna, pemerintah akan bangun pelabuhan Roro di pulau ini untuk hubungkan kapal Roro antar pulau di Natuna. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskdar DJ mengatakan, moda transportasi laut antarpulau di Natuna dipastikan lebih lancar di tahun mendatang. Tidak hanya kelancaran antarwilayah Kepri dan Kalimantan Barat.

Pemerintah Daerah kata Iskandar, terus melakukan koordinasi dengan Kementerian perhubungan dan kementerian terkait. Dan dalam waktu dekat tidak hanya pelabuhan penumpang yang terus ditambah, pelabuhan Roro antarpulau di Natuna juga akan ditambah.

“Selain pelabuhan Roro di pelabuhan Tanjungpayung Penagi, nanti akan dibangun pelabuhan Roro di Sedanau termasuk di Serasan dan Midai,” kata Iskandra kemarin.

Sementara pelabuhan Roro di Tanjungpayung saat ini kata Iskandar, khusus untuk transportasi ke luar Natuna. Dan rencana rutenya ke Tanjungpinang dan Pontianak, namun akan beroperasi tahun 2019 mendatang. Karena Pemerintah pusat masih akan membuat kapal Roro khusus untuk Natuna.

“Khusus antar pulau, Pemerintah Pusat akan menyediakan kapal Roro mini untuk memperlancar transportasi antar pulau. Dan selama ini hanya ada transportasi penumpang,” ujar Iskandar.

Dikatakan Iskandar, masyarakat di Kecamatan Pulau Laut dan Subi tidak perlu cemas. Karena tahun 2018 mendatang pemerintah akan menyelesaikan dua pelabuhan di Kecamatan tersebut yang sudah tertunda diselseaikan.

“Semestinya pelabuhan pelni di Subi dan Midai sudah selesai, bersamaan pelabuhan pelni di Serasan dan Midai. Tetapi tahun 2018 mendatang pengerjaan dilanjutkan untuk diselesaikan,” ujar Iskandar.(arn)

Respon Anda?

komentar