Selasa, 19 Maret 2024

Berlakukan Sistem Jemput Bola

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi, terus berupaya melakukan pembenahan untuk melengkapi kemudahan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya, dengan segera memberlakukan sistem layanan kesehatan jemput bola.

Ini bertujuan untuk membantu masyarakat secara langsung, dengan sistem door to door. Dimana pelayanan kesehatan diberikan kepada pasien, langsung di tempat, atau di rumahnya.

“Tujuan Layanan ini untuk mendukung Program Kesehatan Gratis Pemkab Bintan, agar dapat dirasakan seluruh masyarakat hingga ke pelosok-pelosok desa,” jelas Apri, Minggu (24/9).

Inovasi ini kata Apri juga digagas untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan bagi masyarakat, akibat sulitnya akses transportasi ataupun kesulitan ekonomi. Utamanya di beberapa kasus yang perlu diberikan pertolongan dengan segera.

“Dalam beberapa kasus, pasien akan langsung dikunjungi oleh petugas-petugas kesehatan. Utamanya pasien dengan kasus emergency atau darurat. Sedangkan untuk pasien yang berada di pesisir pulau, nantinya fasilitas Kapal puskesmas Apung akan sangat berguna,” terangnya.

Dirinya juga mencontohkan beberapa kasus pasien penderita penyakit atau kejadian darurat yang akan menerima Layanan Kesehatan Jemput Bola. Diantaranya bagi warga lanjut usia yang susah keluar dari rumah, dan pasien diabetes atau kencing manis yang memang harus dikontrol, dan biasanya sudah terdata di puskesmas atau rumah sakit.

“Mudah-mudahan layanan Kesehatan Jemput Bola dengan skala prioritas ini, hendaknya mampu menjawab keinginan masyarakat akan kebutuhan hidup sehat,” imbuhnya. (cr20)

 

Update