batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun, pekan lalu kembali menerima 2 ribu lembar blangko e-KTP dari Direktorat Jenderal Adminitrasi Kependudukan dan Capil Kemendagri RI. Sebelumnya hanya mendapat 8 ribu lembar lalu ditambah 2 ribu lembar Juli lalu.

“Alhamdulillah, walaupun tidak sesuai dengan permintaan kita, hanya dapat 2 ribu lembar blangko e-KTP. Tetapi tidak masalah, masih tetap diprioritaskan bagi penduduk yang belum pernah memiliki KTP sama sekali atau bagi masyarakat ingin melanjutkan sekolah,” jelas Kadisduk Capil Karimun M Tahar, kemarin (25/9).

Pada periode Maret hingga Agustus lalu Disduk fokus untuk melakukan Print Ready Record (PRR) yang telah dicetak dan sudah didistribusikan kemasyarakat melalui kecamatan. Penduduk yang belum pernah memiliki e-KTP sama sekali maupun yang sudah memiliki e-KTP harus merekam data biometrik yaitu berupa pasfoto, iris mata, sidik jari dan tanda tangan.

“Jumlah penduduk yang sudah melakukan PRR mencapai 8 ribu dan sudah didistribusikan ke kecamatan. Jadi silahkan bagi warga yang sudah melakukan PRR, tanyakan ke pihak kecamatan. Kalau belum silakan datang ke Disduk Capil membawa berkasnya,” tuturnya.

Sedangkan bagi masyarakat yang ingin mengubah biodata e-KTP atau hilang, untuk sementara diberikan surat keterangan dari Disduk Capil yang berlaku selama 6 bulan. Sambil menunggu pendistribusian blangko e-KTP melalui Provinsi Kepri, yang diperkirakan dua bulan ke depan sudah dapat diterima.

“Sekali lagi, saya imbau kepada masyarakat agar bersabar. Perlu diingat bahwa e-KTP berlaku seumur hidup, walaupun masa berlakunya sudah jatuh tempo,” katanya.

Sementara itu Camat Karimun Arpan ketika dikonfirmasi mengatakan, perekaman data biometrik tidak ada kendala. Pihak kecamatan menurutnya tetap menerima permohonan masyarakat di luar Kecamatan Karimun untuk perekaman data.

“Kalau di rata-ratakan, satu hari ada 30 orang yang melakukan perekaman data. Mayoritas warga yang akan melanjutkan sekolah,” ujarnya.(tri)

Respon Anda?

komentar