Lion Air saat melakukan uji coba penerbangan di Bandara Letung, Anambas. F. Syahid.Batam Pos.

batampos.co.id – Lion Air jajaki penerbangan dari Batam ke Letung, Anambas. Penjajakan ini sudah dilakukan dengan melakukan penerbangan uji coba, Minggu (25/9) lalu.

Pesawat Wings Air jenis ATR berhasil mendarat tanpa ada masalah.  ”Iya, kemarin kita lagi coba proving flight,” kata Distrik Manager Lion Air Area Batam, M Zaini Bire, Senin (25/9).

Ia mengatakan pihaknya masih sebatas uji saja terhadap bandara di Letung. Namun ia mengakui memang ada rencana akan dijadikan rute tetap. “Memang rencana begitu,” ungkapnya.

Hal ini dibenarkan oleh General Manager Opeasional Hang Nadim Batam Suwarso. Ia mengatakan ada dua opsi nantinya, Batam-Letung atau Tanjungpinang-Letung. “Tapi sepertinya lebih ke Batam-Letung,” ungkapnya.

Sejauh ini baru satu maskapai yang mengajukan untuk menjalani rute tersebut, yakni Lion Air melalui Wings Air-nya. Namun ia tak menutup kemungkinan adanya maskapai lain. “Bisa saja Garuda dengan pesawat Bombardir-nya. Tapi permintaan yang sudah masuk baru satu saja (Lion Air, red),” ujarnya.

Ia mengungkapkan seharusnya, Minggu (25/9) Bandara di Letung akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan. Tapi menteri meminta dilakukan uji coba, apakah memenuhi standar atau tidak. “Sepertinya memenuhi. Untuk persemian nanti menunggu menteri lagi sepertinya,” ucap Suwarso.

Hang Nadim, kata Suwarso selalu siap menjalankan rute baru. “Bandara di Letung masih baru, bisa melayani pesawat jenis ATR, Bombardir atau sejenisnya. Belum untuk Boeing atau Airbus,” pungkasnya. (ska)

Respon Anda?

komentar