batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Lingga telah menyaring 10 remaja untuk diberangkatkan ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung untuk mendapatkan pelatihan otomitif. Dari 35 orang yang mendaftar, sepuluh orang yang berangkat pelatihan itu lulus seleksi interviu.

Pelatihan otomotif di BBPLK Bandung ini diikuiti seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. Dalam pelatihan tersebut, seluruh peserta dari Kabupaten Bunda Tanah Melayu akan mengikuti dua pelatihan kejuruan yakni, spooring balancing banacing dan body repair.

“Untuk pelatihan Spooring balancing mereka akan mengikuti latihan selama 1 bukan 7 hari. Untuk body repair selama 1 bukan pelatihan,” kata Kasi Pelatihan Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Wahyudi Eka Putra, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/9) pagi.

Lebih lanjut Wahyudi menjelaskan, seluruh peserta yang berangkat ke Bandung akan bertolak pada bulan awal bulan depan. Sedangkan ongkos, mereka akan ditanggung BBPLK tempat mereka dilatih nanti. Selain ongkos, mereka juga mendapat tempat tinggal di asrama dan makan gratis dari pihak penyelenggara pelatihan.

Bukan hanya BBPLK Bandung, Pemkab Lingga juga menggelar kerja sama dengan BBPLK Bekasi untuk melatih tenaga handal di bidang IT. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lingga juga telah menyaring orang-orang yang akan berangkat ke Bekasi pada minggu kedua bulan depan.

“Untuk yang berangkat ke BBPLK Bekasi sebanyak 16 orang. Sedangkan yang mengikuti tes sebanyak 22 orang,” kata Wahyudi.

Wahyudi melanjutkan, tes untuk peserta yang hendak mengikuti pelatihan IT ini, selain harus melalui interviu dan tes lainnya, mereka juga diuji dalam hal pengoperasian komputer. Seluruh bahan ujian mereka telah disiapkan oleh BBPLK masing-masing. Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja hanya melanjutkan ke seluruh peserta.

Dengan adanya kerjasama Pemkab Lingga dengan BBPLK di sejumlah daerah ini bertujuan dapat meningkatkan tenaga kerja handal Kabupaten Lingga agar dapat bersaing di dengan tenaga kerja lainnya. Selain itu, Pemkab Lingga, melalui bagian koperasi, berencana mencarikan dana bergulir untuk modal mereka. (wsa)

Respon Anda?

komentar