batampos.co.id – Badan Amil Zakar Nasional (Baznas) kabupaten Karimun, kembali melakukan pendistribusian dana umat yang ada di Baznas Karimun untuk periode ke III, Sabtu (30/9).

Dana umat Baznas Karimun yang didistribusikan ini, termasuk bantuan pendidikan bagi pelajar yang kurang mampu sebanyak 345 pelajar. Mulai dari tingkat SD, SLTP dan SLTA / sederajat, untuk SD sebanyak 87 pelajar dengan nilai total Rp13.050 Juta, kemudian SLTP sebanyak 150 pelajar dengan total Rp 30 Juta dan tingkat SLTA ada 108 pelajar dengan jumlah bantuan sebesar Rp 27 Juta.

”Pendistribusian dana zakat periode ke-3 ini tetap sama di periode kedua yaitu Rp 500 Juta. Dan, bantuan pendidikan tetap ada yang masing-masing pelajar mendapatkan berbeda sesuai tingkat sekolahnya,” jelas Ketua Baznas Karimun H Atan AS, di masjid Baitulkarimun, Sungai Lakam.

Dikatakan, untuk tingkat SD bantuan pendidikan per siswa sebesar Rp150 ribu, kemudian SLTP Rp200 ribu dan SLTA Rp250 ribu. Sedangkan, untuk fakir miskin di pulau Karimun yang meliputi 4 kecamatan yaitu kecamatan Karimun, Tebing, Meral, Meral Berat sebanyak 759 orang. Selanjutnya di kecamatan Moro dan Durai ada 107 orang, kemudian fisabillillah di pulau Karimun, Moro dan Durai ada 180 orang.

”Saya juga tidak bosan-bosannya menghimbau kepada umat muslim, agar menyisihkan penghasilannya untuk berzakat. Bisa melalui masjid maupun ke Baznas kabupaten Karimun, supaya saudara-saudara kita yang tidak mampu bisa terbantu. Terutama bagi anak-anak kita yang sedang menimba ilmu di sekolah, sangat membutuhkan biaya pendidikan,” ungkapnya.

Selain pendistribusian dana umat ke fakir miskin, fisabilillah pihaknya juga memberikan bantuan kesehatan berupa biaya pengobatan kepada 17 orang yang kurang mampu. Kemudian, bantuan bedah rumah juga diberikan bantuan untuk satu orang yang benar-benar sangat dibutuhkan dan tidak tercaver oleh Pemerintah.

”Total keseluruhan mencapai 1.409 orang yang kita distribusikan dana umat yang terkumpul di Baznas. Dan mudah-mudahan di periode terakhir nanti akan tercapai target yang telah ditetapkan Baznas Provinsi Kepri,” harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim memberikan apresiasi terhadap Baznas Karimun, yang hingga saat mampu mendistribusikan dana umat kepada masyarakat yang kurang mampu. Sehingga, setiap tahunnya terus ada peningkatkan dalam pengalangan dana umat yang ada di Baznas Karimun.

”Kalau dilihat dari data setiap tahunnya, terjadi pengurangan masyarakat yang menerima bantuan dana umat melalui Baznas Karimun. Ini sedikit demi sedikit bisa membantu mengentaskan kemiskinan di kabupaten Karimun,” tegasnya. Pantauan dilokasi pendistribusian zakat tersebut, terlihat para pelajar dengan wajah ceria mereka antri untuk mendapatkan bantuan dari pihak Baznas Karimun.

”Alhamdulillah, bang buat nambah biaya pendidikan. Maklum sekarang kurikulumnya berbeda, kami harus kreatif dalam menyesiasati pembelian buku pelajaran,” ucap salah seorang pelajar yang menerima bantuan. (tri)

Advertisement
loading...