Kamis, 18 April 2024

Agustus, 175.096 Kunjungan ke Kepri

Berita Terkait

Wisatawan mancanegara berswafoto di kawasan wisata Lagoi Bintan, Minggu (20/8) lalu. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Sepanjang Agustus lalu, kunjungan yang dilakukan wisatawan mancanegara ke Kepri mengalami peningkatan sebesar 5,31 persen dibandingkan bulan sebelumnya, Juli.

“Agustus mencapai 175.096 kunjungan. Sementara di bulan sebelumnya, hanya mencapai 166.260 kunjungan,” papar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Panusunan Siregar, Senin (2/10).

Kenaikan jumlah wisatawan pun terlihat jika dibandingkan pada Agustus tahun lalu sebesar 23,26 persen.

Dari kenaikan jumlah kunjungan ini, wisatawan berkebangsaan Singapura masih terus mendominasi jumlah wisatawan asing ke Kepri. Yang kemudian diikuti oleh negara tetangga lainnya, yakni Malaysia.

Perihal kedekatan secara geografis dan kultur budaya, dianggap menjadi salah satu pemicu tingginya kunjungan wisatawan dari kedua negara tersebut. “Bahkan sejak awal tahun sampai Agustus kemarin, hampir dari setengah jumlah wisman masuk, merupakan wisatawan berkebangsaan Singapura,” sambung Panusunan.

Peningkatan jumlah kunjungan dari Singapura pun terus mengalami peningkatan. Dimana pada Agustus, BPS mendata wisatawan Singapura melakukan 83.545 kunjungan.

Meningkatnya jumlah wisatawan yang melakukan kunjungan ke Kepri, dimaknai Panusunan, sebagai implementasi yang ada dari instruksi Kementerian Pariwisata. Dikarenakan setiap daerah, diharapkan mampu menonjolkan potensi pariwisatanya pada dunia, agar dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

“Yang mana dampaknya akan berpengaruh pada perputaran ekonomi pada daerah-daerah tersebut,” ucapnya.

Selain itu, adanya kemudahan yaitu penambahan daftar negara yang dapat melakukan kunjungan bebas visa, disinyalir Panusunan menjadi musabab lain yang memengaruhi peningkatan wisatawan di Kepri. (aya)

Update