batampos.co.id – Setelah sempat vakum selama beberapa tahun terakhir, kini Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Batam mencoba menghidupkan kembali olahraga panahan di Batam.

Selama dua tahun terakhir ini, Perpani Batam sudah berhasil mencetak atlet-atlet panahan berpotensi. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan atlet-atlet tersebut ke pelbagai kejuaraan dan turnamen.

Belum lama ini, cabang olahraga (cabor) panahan Batam untuk pertama kalinya dipercaya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri mewakili Kepri mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Semarang, 12-21 September 2017.

Dalam Popnas tersebut, Kepri mengikutsertakan empat atlet panah terbaiknya, yaitu Sadad Faishal Faiz, Muhammad Farhan, Athallah Rakha dan Ananda Nurul Maulita. Keempat atlet tersebut semuanya masih duduk di bangku SMP.

Meski gagal mempersembahkan medali bagi Kepri, namun perjuangan keempat atlet panah tersebut patut diapresiasi karena mampu menembus babak perempat final.

Atlet-atlet panah Batam saat berlatih di lapangan Politeknik Batam beberapa waktu lalu. F. Octo Zainul Ahmad/Batam Pos

Sadad Faishal Faiz dan kawan-kawan sebelumnya telah membuktikan diri bahwa mereka mampu bersaing di tingkat nasional dengan meraih berbagai prestasi dan medali di berbagai event turnamen atau Kejurnas panahan.

Maka dari itu Perpani Batam bekerjasama dengan BP Batam akan menggelar turnamen panahan pada 7-8 Oktober 2017 di lapangan Sport Community Taman Rusa Sekupang, Batam.

“Ini momentum untuk membangkitkan olahraga panahan di Batam,” ujar Ketua umum Perpani Batam, Dedek Herman kepada Batam Pos, Selasa (3/10).

Terdapat tiga kategori yang dipertandingkan dalam turnamen panahan tersebut, yakni kategori putra/putri SD dengan jarak target 15 meter, kategori putra/putri SMP dengan jarak target 20 meter dan kategori putra/putri SMA dengan jarak target 30 meter.

“Ajang ini merupakan turnamen bagi para pemula yang merupakan terobosan dalam memasyarakatkan olahraga panahan yang sedang berkembang di Batam dan Kepri,” kata Dedek.

Sekitar 60 peserta bakal meramaikan turnamen panahan tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengundang pelatih tim nasional panahan SEA Games 2017 yang juga wakil ketua bidang pelatihan dari Pengurus Pusat (PP) Perpani, yakni Ditto Rembran untuk mengadakan coaching clinic dan sharing dengan para peserta.

“Ini suatu kehormatan kita bisa mendatangkan beliau. Padahal olahraga panahan di Batam baru berkembang, tapi beliau menyempatkan hadir ke Batam,” tuturnya.

Dedek berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membangkitkan dan melahirkan atlet-atlet panahan berkualitas di Batam maupun Kepri. (cr16)

Respon Anda?

komentar