Selasa, 23 April 2024

Tiga Kesatuan Tarikan New Zapin

Berita Terkait

Tiga kesatuan dari Kodim 0317/TBK, Polres Karimun, dan Lanal Tanjungpinang Karimun berlatih tarian New Zapin, Selasa (3/10). F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Perayaan hari jadi ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Karimun, dipusatkan di Mapolres, Kamis (5/10) besok. Berbagai agenda dan atraksi akan ditampilkan. Salah satunya, tarian New Zapin Trio Karimun yang disuguhkan oleh para 40 orang anggota Kodim 0317/TBK , Polres Karimun, dan Lanal Tanjungbalai Karimun.

“Kali ini kita pusatkan di Mapolres Karimun, sebagai bentuk sinergitas antara TNI dan Polri dalam memperingati hari jadi ke-72 TNI. Yang cukup menarik adalah, para anggota ketiga satuan (Kodim 0317/TBK, Polres Karimun dan Lanal TBK-red) ini bergabung dalam satu kesatuan tarian New Zapin Trio Karimun,” ujar Dandim 0317/Tbk, Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, kemarin (3/10).

Melalui momentum HUT TNI dimanfaatkan untuk membuktikan bahwa TNI dan Polri selalu bersinergi dan tidak terpisahkan dalam menjaga keamanan sesuai porsinya masing-masing di wilayah tempat tugas seperti Kabupaten Karimun. Selain suguhan tarian New Zapin Trio Karimun, acara akan diawali dengan upacara penaikan bendera merah putih. Kemudian, sosiodrama dan politik cilik serta penampilan band akustik dari Polres Karimun.

“Semua atasan mengizinkan. Ikut diundang seluruh elemen masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, ormas dan sebagainya,” ungkapnya.

Sementara koreogafer sanggar tari Pelangi Budaya Ahadian Zulseptriadi mengungkapkan bahwa tarian Zapin sudah masuk dalam tarian khas nusantara. Dengan membuat kreasi baru tarian Zapin, yaitu New Zapin Trio Karimun yang ditampilkan oleh TNI dan Polri, menunjukkan wujud akar Zapin di nusantara terus mengalami pengembangan dengan sentuhan kekinian.

“Tarian New Zapin Trio Karimun ini dapat digambarkan sebagai tatanan kehidupan masyarakat Kepri yang terdiri dari berbagai suku dan bangsa dalam bentuk persatuan dan kesatuan. Termasuk di kesatuan TNI dan Polri, di dalamnya berbagai suku ada, tetap menjaga kesatuan dengan tidak menghilangkan unsur tradisional,” paparnya. (tri)

 

Update