batampos.co.id – Meskipun salah satu Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri, Agus Wibowo tak kunjung memenuhi undangan Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub Kepri. Ketua Panlih, Hotman Hutapea menegaskan pihaknya tidak risau dengan hal itu.

“Besok (hari ini,red) berakhirnya kesempatan pertama bagi Cawagub untuk melengkapi berkas pencalonan mereka,” ujar Hotman, Rabu (4/10)

Politisi Partai Demokrat tersebut menegaskan, sampai hari ini (kemarin, red) Panlih belum juga mendapatkan konfirmasi langsung dari Agus Wibowo perihal ketidakhadirannya dalam memenuhi undangan Panlih beberapa waktu lalu. Ditegaskannya, Panlih tetap melanjutkan proses sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Sesuai jadwal, Sabtu (7/10) nanti Panlih akan mengundang lagi masing-masing calon untuk memberikan hasil verifikasi pada kesempatan pertama,” jelas Hotman.

Pria yang merupakan Ketua Komisi II DPRD Kepri tersebut menjelaskan, para kandidat bisa menyampaikan dokumen persyaratan secara langsung ke Sekretariat Panlih di
Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Kamis (5/10) hari ini selama jam kerja.

“Jika masih ada yang belum mereka lengkapi, tentu kita minta mereka melengkapinya pada kesempatan kedua nanti,” jelasnya lagi.

Apabila pada kesempatan kedua masih ada calon yang belum melengkapi berkas, sudah jelas mengisyaratkan kandidat yang bersangkutan tidak serius. Pihaknya akan langsung meminta kandidat pengganti kepada partai pengusung.

“Tidak perlu ribet, kalau masih ada yang tidak lengkap dikesempatan kedua tinggal surati partai pengusung melalui Gubernur untuk mengusulkan calon pengganti,” tegas Hotman.

Apabila dalam perjalanannya nanti, calon yang diusulkan juga tidak bisa melengkapi berkas. Pihaknya akan berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Apakah dibenarkan atau tidak melanjutkan proses, meskipun hanya ada satu calon.

“Tetapi sebelum sampai ke tahap itu, kita berharap partai pengusung sudah membuat keputusan terbaik. Tetapi sebelum itu juga, kita minta calon yang sudah ada dapat melengkapi berkasnya,” tutup Hotman.

Terpisah, salah satu kandidat Wagub Kepri, Isdianto mengatakan dirinya tengah melengkapi berkas pencalonannya. Ia optimis persyaratannya sudah lengkap pada kesempatan pertama ini. Ditegaskannya, komitmennya ikut mencalonkan diri adalah untuk memberikan yang terbaik bagi Kepri.

“Sejak awal saya katakan, saya siap melepaskan jabatan yang saya pegang sekarang ini. Hal itu berlaku, ketika sudah menjadi calon tetap,” ujar Isdianto disela-sela menghadiri pengukuhan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri di Gedung Daerah, Senin (2/10) malam. (jpg)

Respon Anda?

komentar