Ada banyak hal di jalanan yang membikin darah tinggi. Panas, macet, juga pengendara yang ugal-ugalan. Melintasi zebra cross pun tetap gas pol. Padahal, garis-garis putih penanda lintasan jalan itu sudah dibikin menonjol. Nah, di Islandia, ada inovasi baru buat menjinakkan para pengendara nakal tersebut. Yakni, zebra cross tiga dimensi.

Vegamalun, perusahaan yang mengurusi pekerjaan jalan, bakal menerapkan desain baru. Garis-garis putih itu digambar menjadi balok-balok persegi panjang yang seolah melayang. Berjajar di tengah jalan. Pengendara (diharapkan) otomatis berhati-hati ketika mendekati zebra cross tersebut karena takut menabrak balok.

”Solusi itu murah. Kami sudah dapat izin dari pemerintah setempat buat uji cobanya,” papar Gauti Ivar Halldorsson, CEO Vegamalun, sebagaimana dikutip Cycling Weekly. Desain nyentrik itu sudah dicobakan di Isafjordur, kota di barat daya Islandia, sejak bulan ini. Dia menjelaskan, zebra cross yang seolah melayang tersebut memudahkan penyuka gowes.

”Desainnya gampang dilihat. Jadi, pesepeda tidak perlu mengerem mendadak,” imbuh Halldorsson.

Dia berharap pengendara mobil juga lebih waspada. Selain efektif, penyeberangan jalan tiga dimensi itu asyik dilihat. Jauh lebih cantik dan tidak mengganggu daripada polisi tidur… (Cycling Weekly/fam/c6/na)

Respon Anda?

komentar