Jumat, 29 Maret 2024

PLN Batam Kelola Listrik di Pulau Galang

Berita Terkait

batampos.co.id – Warga Galang‎, Batam mulai menikmati listrik dari PLN. Selama ini mereka mengandalkan genset.

Listrik ke rumah warga mulai mengalir bertepatan HUT PLN Batam, Selasa (4/10/2017), lalu.

Saat ini, pengelolaan listrik, masih dilakukan PLN Persero Tanjungpinang.

Namun direncanakan awal tahun 2018, sudah diserahkan ke PLN Batam.

Peresmian dilakukan Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PLN Batam, Khusnul Mubien, Selasa (3/10). Secara resmi aliran listrik PLN Batam dinikmati warga itu, ditandai dengan menghidupkan meteren listrik, oleh Khusnul.

“Awal 2018 direncanakan akan diserahkan PLN Persero Pekan Baru melalui PLN Tanjungpinang, ke PLN Batam,” ungkap Khusnul.‎

“Kapanpun diserahkan, PLN Batam siap menerima. Kalau sekarang, kalau ada listrik, itu lapornya ke PLN Tanjungpinang‎,” sambungnya.

Nantinya, jika pengelolaan listrik diserahkan ke PLN Batam, mereka akan melakukan sambungan baru ke Galang Baru.

Terkait sambungan listrik di Sungai Raya, Sembulang, Kecamatan Galang, yang terlayani baru untuk 21 pelanggan. Dengan demikian, mereka akan mendapat sambungan listrik selama 24 jam perhari.

“Kalau ada pelaggan rumah tangga dan industri, sampai Sembulang Ujung itu, sudah bisa mengajukan sambungan baru. Kalau sampai Galang Baru, tunggu diserahkan PLN tanjungpinang ke kami,” imbuh Khusnul.

Sementara ini, sambungan dilakukan sampai Polsek Galang, karena keterbatasan anggaran. Dengan sambungan listrik itu, diharap dapat menaikkan perekonomian masyarakat.

“Mohon doanya, agar PLN bisa melayani dengan kualitas baik,” harapnya.

‎Sementara Camat Galang, Amri Amis mengatakan, dari dulu persoalan diwilayah kerjanya, terkait listrik dan air, selain lahan. Sehingga dinilai langkah PLN menerangi Galang, akan mendorong ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan PLN bisa terus menambah sambungan sampai hiterland. Ini karena ada juga masyarakat yang lapor, cemburu. Kenapa Sei Raya yang dapat, mereka tidak dapat,” sambungnya.

Dengan sambungan listrik dari PLN, maka masyarakat tidak hanya menikmati listrik pada malam hari saja. Amri berharap, dalam waktu dekat, PLN akan melakukan sambungan sampai Jembatan 6.

“Karena di sana banyak masyarakat dan usaha. Minimal, tiangnya dulu tahun ini,” bebernya.(mbb)

Update