Jumat, 29 Maret 2024

Jasa Tirta I Bantu BP Batam Kelola Air

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam menjalin kerjasama dengan BUMN yang mengelola air, PT Jasa Tirta I di Gedung Marketing BP Batam, Kamis (5/10). Tujuan dari nota kesepahaman ini adalah untuk menemukan solusi bagaimana mengelola air baku Batam dengan bijak.

“Ini merupakan kesepahaman untuk membangun suatu kerjasama agar pengelolaan air di Batam bisa berjalan dengan baik,” kata Direktur Utama PT Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan setelah acara kepada media.

Bentuk kerjasama ini antara lain saling berbagi pengetahuan dengan metode benchmarking. Dengan kata lain, BP Batam akan mengukur kinerjanya dalam mengelola air baku di Batam dengan aktivitas serupa yang dilakukan oleh PT Jasa Tirta I.

Raymond kemudian menegaskan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 121 Tahun 2015 maka negara harus hadir dalam setiap sistem pengelolaan air. Sehingga BUMN seperti PT Jasa Tirta I memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk ikut serta dalam mencari solusi pengelolaan air di Batam. “Dalam PP tersebut meminta agar BUMN hadir untuk menata pengelolaan air untuk kemaslahatan masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Deputi IV BP Batam, Robert Purba Sianipar mengatakan PT Jasa Tirta I memiliki reputasi yang sudah teruji dalam kancah nasional untuk pengelolaan air.

“Reputasi sudah teruji, mereka sudah kelola wilayah sungai Brantas di Jawa Timur. Kemudian dengan Keppres Nomor 2 Tahun 2014, mereka juga dipercaya kelola Danau Toba,” katanya.

Untuk langkah awal, PT Jasa Tirta akan membantu BP Batam memetakan potensi-potensi sumber daya air.”Potensi-potensi yang dapat direkomendasikan untuk menjaga daya tampung sumber air di Batam tetap terjaga. Kita akan bagi informasi dengan mereka untuk itu,” pungkasnya.

Sebelum menjalin kerjasama dengan PT Jasa Tirta I, BP Batam juga telah menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jepang, Nippon Koei untuk hal yang sama.”Semakin banyak informasi semakin baik tentunya,” ucap Robert mengakhiri.(leo)

 

 

 

Update