batampos.co.id – Anggota DPRD Kabupaten Lingga Nurdin menyetujui perombakan kerjasama dengan PLN Rayon Dabo Singkep terkait penerangan lampu jalan di Kabupaten Lingga. Ke depan Anggota Komisi II tersebut akan merubah sistim penggunaan listrik menjadi sistim meteran agar pemakaian listrik penerangan lampu jalan jelas dan tepat guna.

“Saat ini penerangan lampu jalan masih tergolong minim, tapi pembayaran tetap berjalan,” ujar Nurdin ketika memberikan keterangan kepada Batam Pos, Kamis (5/10) siang.
Dia juga memperkirakan, jika penerangan lampu jalan menggunakan meteran, lebih mudah untuk menghitung kekuatan dana yang digunakan untuk pembayaran daya yang digunakan. Sehingga pemakaian juga dapat lebih jelas dan disebar ke sejumlah daerah yang memang membutuhkan penerangan lampu jalan.
Dabo Singkep, Singkep Barat dan Senayang, saat ini dinilai Nurdin tergolong minim dengan penerangan lampu jalan. Selain menjadikan kota tidak bergairah khususnya pada malam hari, kondisi ini juga dinilainya sebagai kondisi rawan dengan aktifitas menyimpang.
“Kalau gelap jelas saja akan mengundang tindak pelanggaran seperti maling, perbuatan asusila dan rawan juga dengan kecelakaan di jalan,” kata Nurdin.
Namun perombakan sistim penerangan lampu jalan ini masih membutuhkan hitungan lebih lanjut terutama pada sektor pendapatan pajak penerangan lampu jalan. Sebab, jika penggunaan listrik tidak sesuai dengan pendapatan dapat berdampak pada penumpukan hutang terhadap PLN.
Menurut hemat Nurdin, pemberlakuan sistim meteran terhadap penggunaan lampu jalan akan lebih hemat dibanding dengan sistim saat ini. Perkiraan awal Nurdin, pemakaian listrik penerangan jalan dapat lebih banyak disebarkan karena pendapatan pajak penerangan lampu jalan tergolong besar.
“Kalau perawatan bisa saja menggunakan dana APBD. Tapi yah dilihat lagi nanti ke depannya bagaimana. Tapi untuk kenyamana dan keamanan tentu penerangan lampu jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat,” tutup Nurdin.
Nurdin memperkirakan perombakan sistim penerangan lampu jalan ini akan terlaksana pada tahun depan. (wsa)

Respon Anda?

komentar