Bercerai merupakan masa paling menyakitkan bagi siapapun. Tak hanya bagi pasangan, apalagi jika sudah memiliki anak. Tentu anak adalah korban dari pilihan pahit masing-masing pasangan.

Ketika masa-masa kelam sudah berlalu, tak ada salahnya hati yang sudah lama kosong dan sendiri, untuk kembali jatuh cinta. Buka hati, buka pikiran, dan tetap optimistis menata masa depan, adalah peluang untuk tetap membuka diri kepada cinta yang baru.

Namun kuncinya adalah satu, yaitu kesiapan. Tanyakan pada diri sendiri apakah sudah siap untuk menjalani hubungan yang baru dengan orang yang baru? Jangan hanya untuk hubungan intim semata, akan tetapi pertimbangkan matang-matang bahwa jangan sampai kegagalan terjadi lagi.

Dilansir dari Pop Sugar, Sabtu (7/10), ada sembilan alasan yang patut dipertimbangkan bagi janda atau duda jika ingin berkencan atau mencari kekasih baru. Jangan sampai justru hubungan itu menggoreskan luka kembali di hati.
duda

ilustrasi

1. Bahagia

Saat memutuskan menerima ajakan kencan dari seseorang, tanyakan kepada diri sendiri. Apakah bahagia, atau hanya pelarian mengisi kekosongan? Bahagia artinya bisa membuat seseorang bergerak maju atau moveon.

2. Hanya untuk Seks

Imej janda atau duda tak lepas dari pandangan negatif masyarakat. Jangan sampai menerima ajakan kencan dari seseorang hanya untuk berhubungan seks atau one night stand.

3. Penjajakan

Jika memang sudah siap bersenang-senang, tak ada salahnya untuk menjelajah setiap pribadi calon pasangan yang baru. Pilihlah yang jauh lebih baik daripada pasangan sebelumnya.

4. Masa Lalu Sudah Selesai

Pikirkan bahwa masa lalu sudah selesai. Masalah dengan pasangan juga sudah selesai. Sedih saat ini, tak boleh sedih lagi di masa depan.

5. Tumbuh Mekar Kembali

Saat sedih jika dianalogikan dengan bunga, maka seseorang akan mengalami fase kuncup. Kini ketika sudah siap untuk kembali tumbuh, maka seseorang itu siap untuk mekar dan tumbuh menjadi bunga yang baru.

6. Lebih Cerah

Jika kencan justru membuat aktivitas lebih cerah, maka mengapa tidak membuka hati untuk orang lain. Kencan, kencan, kencan.

7. Memaafkan

Tak semua orang memiliki pribadi yang sama. Jika sudah memaafkan kesalahan mantan di masa lalu, maka jangan berpikir sosok yang baru juga akan berkepribadian yang sama. Kemarahan terus menerus tak baik untuk masa depan.

8. Ikuti Jalan Hidup

Jalani saja alur hidup. Ketika ada seseorang yang mengajak berkenalan dan diri sendiri sudah merasa siap, mengapa tak ikuti saja permainan itu?

9. Penasaran

Ketika diri sudah memaafkan, terbuka, dan siap menerima orang lain, maka rasa penasaran akan muncul. Akan tetapi tetap ingat pada pengalaman di masa lalu. Sebab pengalaman adalah guru yang terbaik.

(ika/JPC

Respon Anda?

komentar