ilustrasi

batampos.co.id – Menopause menjadi fase yang akan dilewati perempuan memasuki masa lanjut usia. Rata-rata perempuan akan mengalami fase ini di usia 50 tahun ke atas.

Banyak hal yang akan dirasakan saat menopause mulai datang. Di antaranya insomnia, sering berkeringat dan panas di malam hari, hingga menggangu sensasi kehidupan seksual.

Banyak perempuan takut fase ini akan membuat hubungan ranjang bersama suami tak harmonis lagi. Boldsky, Selasa (12/9) memberikan saran bagi perempuan agar tak khawatir saat memasuki masa menopause terutama pengaruhnya pada hubungan intim.

1. Butuh Lubrikasi

Bagi beberapa perempuan, di fase ini mereka mungkin kehilangan gairah untuk berhubungan seks. Sebab menopause bisa membuat bercinta menyakitkan. Solusinya gunakan pelumas saat berhubungan intim akan lebih membantu menikmati ‘permainan’.

2. Temukan Variasi

Menopause bisa membuat putus asa bagi pasangan untuk menjalani kehidupan seksual. Konsultasikan hal itu dengan dokter dan banyak membaca referensi yang tepat untuk mengatasinya, serta lakukan berbagai variasi posisi.

3. Krim Estrogen

Saat menopause sering membuat bercinta terasa menyakitkan. Bisa diatasi dengan krim estrogen sesuai saran dokter.

4. Eksplorasi

Pasangan harus memahami dan memgerti fase ini. Kadang kala pria tidak memahami kondisi alamiah yang terjadi pada perempuan. Kenali tubuh dan ajak pasangan untuk mengeksplorasi berbagai kesenangan yang membuat nyaman.

5. Tetap Bisa Terangsang

Terkadang ada perempuan yang tidak merasakan perubahan sama sekali. Otak adalah organ seksual terbesar. Hal itu bisa mempengaruhi pikiran seseorang. Karena itu, perempuan tetap bisa terangsang dan bergairah saat bercinta meski berada di fase ini.  (ika/JPC)

Respon Anda?

komentar