Ilustrasi akte kelahiran

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga telah menjalankan program Jempol atau yang disebut program jemput bola terkait pencetakan akta kelahiran khusus usia 0 tahun sampai 18 tahun untuk masyarakat Bunda Tanah Melayu. Program ini telah berjalan sejak September tahun ini.

“Program ini berlaku setelah mengikuti perubahan diklatpim III Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur, ” ujar Kepala Bidang Pelayanan Pencacatan Sipil Kabupaten Lingga, Agus Hardianto Saputro belum lama ini.
Untuk menyukseskan program ini, Disdukcapil melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo Singkep sebagai upaya Jempol. Sehingga kedepan seluruh anak yang baru lahir langsung dapat tercatat dalam berkas dan tertera dalam akte kelahiran.
Lebih jauh Agus mengatakan, program jempol ini dinilai lebih efesien dan lebih mudah. Pasalnya, setiap ibu yang melahirkan dapat mengirim permohonan akta kelahiran melalui jaringan Sosial media whatsupp. Selanjutnya menyerahkan berkas yang akan diproses Disdukcapil agar dapat mengeluarkan Akta lahir anak bersangkutan.
Untuk persyaratan yang dibutuhkan dalam kepengurusan Akta Kelahiran ini adalah, Kartu Keluarga asli, photocopy KTP Elektronik orang tua bayi, photocopy Akta nikah Bagi penduduk Muslim, dan bagi non Muslim.
“Yang paling penting orang tua sebaik telah mempersiapkan nama anak mereka sehingga dapat dicantumkan dalam Kartu Keluarga yang baru,” kata Agus.
Program Jempol ini menurut Agus telah sampai kepada sejumlah desa yang ada di Kabupaten Lingga. Setiap warga di desa yang hendak mengurus akta juga dapat mendaftarkan permohonan melalui aplikasi WA. Sehingga kedepan, Agus berharap setiap anak yang baru lahir telah mendapat Akta Kelahiran dan telah tercatat dalam KK yang baru. (wsa)

Respon Anda?

komentar