Jumat, 29 Maret 2024

Bintan Pesisir Jadi Kawasan Strategis Nasional

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengelolaan Perbatasan Republik Indonesia (BPPRI) menjadikan Kecamatan Bintan Pesisir sebagai lokasi prioritas nasional (Lokprinas) dalam wilayah pengembangan pusat kawasan stategis nasional. Dengan ini, BPPRI akan fokus mengembangkan infrastruktur di kecamatan itu, melalui rencana pembangunan jangka menengah nasional.

Selain Bintan Pesisir, tiga kecamatan lainnya yakni Bintan Utara, Teluk Sebong dan Tambelan telah dimasukkan dalam Lokprinas. Bupati Bintan Apri Sujadi pada Minggu (8/10) kemarin mengapresiasi rancangan pengembangan Kecamatan Bintan Pesisir dalam wilayah pengembangan pusat kawasan strategis nasional oleh Badan Pengelolaan
Perbatasan Republik Indonesia, menyusul laporannya beberapa waktu lalu
di Kantor Bupati Bintan di Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu.

Dijelaskannya, masuknya Kecamatan Bintan Pesisir dalam Lokprinas, untuk penguatan aspek pertahanan dan aspek kesejahteraan masyarakat secara seimbang. Implementasinya lanjutnya dapat dilihat dari strategi perwilayah permbangunan dalam penanganan pembangunan di daerah perbatasan darat maupun laut.

“Penataan ruang di Bintan Pesisir masuk dalam prioritas, karena memiliki pengaruh yang sangat penting secara nasional dari sisi kedaulatan negara, ekonomi, sosial, wisata, budaya dan penataan lingkungan,” tukasnya. (cr21)

Update