Jumat, 29 Maret 2024

Panwaslu Ingatkan Lis Soal Pelantikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tanjungpinang mengingatkan Walikota Lis Darmansyah agar tidak gegabah terhadap rencana pelantikan pengisi delapan jabatan kosong di lingkungan kerja pemerintah kota. Pasalnya, kendati itu sebuah niatan positif agar kinerja pemerintahan lebih prima, tetap perlu diindahkan peraturan undang-undang yang juga mengikatnya.

Ketua Panwaslu Tanjungpinang, Mariyamah menyebutkan, pihaknya menyampaikan hal ini sebagai bagian dari kerja pengawasan, sebagaimana diatur dalam Perbawaslu No. 2 Tahun 2015 dan UU No. 7 Tahun 2017.

“Maka kami perlu untuk mengingatkan Pemko guna memastikan telah mendapatkan izin rekomendasi dari kementerian dalam negeri. Sesuai dengan amanat UU No. 10 Tahun 2016 Pasal 71 Ayat 2, bahwa Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri,” kata Mariyamah, kemarin.

Sementara PKPU No.1 Tahun 2017 telah menetapkan 12 Februari 2018 sebagai penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam pemilu 2018, jika ditarik mundur ke belakang berarti 12 Agustus 2017 merupakan hari terakhir petahana untuk melakukan mutasi pejabat.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Tanjungpinang, Muhamad Zaini menambahkan, Pemko Tanjungpinang perlu mengingat kembali imbauan yang pernah dikirim Bawaslu Kepri pada 19 Juli lalu agar tidak melakukan pelantikan. “Dalam surat itu dibunyikam untuk tidak melakukan pelantikan apabila telah ditetapkannya waktu pendaftaran paslon Walikota dan Wakil Walikota,” ungkap Zaini.

Hingga kini, Panwaslu juga sudah berkoordinasi dengan Pemko Tanjungpinang melalu badan kepegawaian. Kepala Badan Kepegawaian, Tengku Dahlan juga sudah dihubungi. “Beliau membenarkan rencana itu, serta dalam proses izin Kemendagri. Namun Panwaslu perlu mengingatkan dalam menjalankan fungsi pengawasan,” ungkap Zaini.(aya)

Update