Jumat, 29 Maret 2024

Pemkab Buka Lowongan Dirut BUP

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun mulai besok, Selasa (10/10) membuka lowongan untuk jabatan Direktur Utama Badan Usaha Kepelabuhanan (Dirut BUP) yang merupakan BUMD milik pemerintah daerah. Pembukaan lowongan ini disebabkan pejabat yang lama, Indrawan Susanto beberapa bulan lalu meninggal dunia karena sakit.

”Seperti kita ketahui, saat ini kita telah menunjuk satu orang pejabat pelaksana tugas (Plt) Direktur BUP yang bertugas untuk menjalakan administrasi di BUMD tersebut. Dan, tentunya sebagai Plt tidak bisa mengambil keputusan yang signifikan. Untuk itu, agar kekosongan jabatan tersbeut tidak terlalu lama, maka kita kembali membuka kesempatan bagi masyarakat karimun yang mempunyau keahlian dan kemampuan dibidang kepelabuhanan untuk bersaing,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada Batam Pos kepada Batam Pos, Ahad (8/10).

Sesuai dengan Perda Nomor 6 tahun 2012 tentang BUP, kata Bupati, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk melamar menjadi seorang Dirut BUP. Yakni, memiliki pengalaman dibidang kepelabuhanan minimal lima tahun. Dan, kemungkinan kesulitannya disini. Meski demikian pemerintah berharap pada pembukaan kali ini peminatnya lebih banyak. Karena, pembukaan ini memang terbuka untuk siapa saja sesuai dengan syarat.

”Formasi Dirut BUP ini tidak hanya untuk warga Karimun. Karena, di dalam Perda tidak mengatur tentang hal ini. Sehingga, kesempatan ini terbuka untuk siapa saja. Yang jelas, kalau memang memiliki pengalaman dibidang kepelabuhanan lima tahun dibuktikan dengan surat resmi dan juga memiliki ijazah strata satu (S1) segala urusan, maka boleh mendaftar,” paparnya.

Kepala Bagaian Ekonomi Pemkab Karimun, Dedi Sahori secara terpisah menyebutkan, panitia seleksi sudah siap dan pembukaan ini berlaku selama 10 hari. ”Yakni, mulai Selasa (10/10) sampai dengan Jumat (20/10). Untuk mengirimkan lamaran bisa dikirimkan melalui paket pos atau bisa juga diantar langsung dengan alamat ke Kantor Bupati Bupati Karimun,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk tim penguji panitia seleksi sudah menyiapkan tim yang terdiri dari unsur pemerintahan, legislatif, akademisi dan psikologi. Diantaranya, Dekan dari Fakultas Ekonomi UMRAH, Kepala Badan Perencanaan Diklat dan Evaluasi pada Balai Pendidikan Transportasi Laut di Kemenhub RI dan juga para asisten di lingkungan Pemkab Karimun. (san)

Update