Petugas BMKG memantau kondisi cuaca. F. Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, mengimbau kepada nakhoda kapal yang melayari pulau terdekat di Provinsi Kepri agar berhati-hati terhadap arus laut yang kuat di perairan Kepri.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Dhira Utama mengatakan arus laut yang kuat diprediksi akan terjadi di wilayah perairan Bintan, Batam, Karimun, Natuna, dan Anambas. ”Meski begitu kondisi ini masih kondusif. Namun, harus berhati-hati agar tidak terjadi hal yang kurang baik,” ujarnya.

Dikatakan Dhira, berdasarkan forecaster ada daerah belokan angin (shearline) di wilayah Kepri menyebabkan penumpukan masa udara yang mendukung proses pertumbuhan
awan-awan.

“Secara umum kondisi cuaca besok (hari ini) diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang, disertai petir dan angin kencang,” kata Dhira.

Sedangkan untuk ketinggian gelombang laut di perairan Kepri, sambung Dhira masih berkisar antara 0,2 hingga 0,8 meter. Pihaknya mengingatkan KSOP dan operator kapal mengedepankan keselamatan saat berlayar. ”Ini semua harus diantisipasi,” pungkasnya. (ias)

Respon Anda?

komentar