Kamis, 25 April 2024

Butuh Rp 3 M untuk BLUD Usaha Kecil

Berita Terkait

Produk kreasi kerajinan tangan dari limbah laut. Foto: Fatih Muftih / Batam Pos.

batampos.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM mengundang Pemko Batam untuk pemaparan rencana pembangunan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang rencananya akan dibangun di Bengkong, Senin (9/10). Butuh anggaran sekitar Rp 3 Miliar untuk pembangunan gedungnya.

“Kami lagi di Jakarta sekarang (kemarin,red). Kami mau memaprkan kesiapan kita untuk membangun BLUD ini. Kalau anggaran Kami perkirkan mencapai Rp 3 miliar,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Suleman Nababan.

Ia mengatakan saat ini persiapan sudah hampir 100 persen. Lahan yang ada di dekat kawasan wisata Golden Prawn Bengkong sudah siap pakai. Kalau ini langsung disetujui kementerian, maka di 2018 awal akan mulai pembangunan.

“Kami tunggu saja. Kalau semua kelengkapan sudah ditandatyangani pak Walikota. Kami mau bergerak cepat,’ katanya.

Ia mengatakan BLUD ini nantinya bisa menjadi wadah bagi pelaku UMKM meningkatkan produksi dan potensinya. Di mana di BLUD ini nantinya semua hasil kerajinan bisa dipasarkan.

“Jadi sejumlah turis nanti bisa melihat hasil kerajinan yang dipasarkan di sini. Sejumlah stand yang mendukung UMKM akan bisa dilihat di sini,” katanya.

Anggota komisi II DPRD Kota Batam Mulia Rindo Purba mengatakan BLUD ini memang sangat bagus untuk perkembangan UMKM. Di mana selama ini banyak pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan hasil produksinya. Termasuk kesulitan untuk pengembangan kualitas produksi.

“Di sini nanti kan ada juga pendampingan. Jadi ini memang harus benar-benar didukung,” katanya. (ian)

Update