Atlet panahan Batam yang berasal dari klub Batam Archery Center (BAC), Sadad Faishal Faiz merupakan atlet panahan andalan Batam dan Kepri. F. Octo Zainul Ahmad/Batam Pos

batampos.co.id – Cabang olahraga (cabor) panahan Batam semakin serius memajukan olahraga panahan di Batam. Dalam hal pembinaan atlet-atlet panahan di Kota Batam, mengadakan serta mengikuti kegiatan seperti turnamen dan kejuaraan yang digelar dinilai sangat penting untuk mengasah kemampuan atlet-atlet panahan.

Setelah untuk kali pertama tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Semarang beberapa waktu lalu, cabor panah Batam kembali mengirimkan wakilnya guna mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) panahan di Aceh, 31 Oktober hingga 8 November 2017.

Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Batam mengikutsertakan dua atletnya, yakni Muhammad Farhan di kelas standar bow nasional 30 meter, 40 meter dan 50 meter serta Sadad Faisal Faiz di kelas FITA Recurve 70 meter.

Dua atlet tersebut merupakan atlet panahan terbaik yang dimiliki Batam saat ini.

“Kemampuan Farhan dan Faiz saat berlaga di Popnas berkembang pesat, semoga mereka mampu memperlihatkan penampilan maksimalnya guna meraih prestasi,” ujar Ketua Perpani Batam, Dedek Herman kepada Batam Pos, Senin (9/10).

Menurut Dedek, dengan mengikuti Kejurnas Aceh ini, merupakan persiapan cabor panahan Batam dalam mempersiapkan dan memetakan kekuatan lawan dalam perebutan tiket menuju PON 2020 Papua mendatang.

“Meski berat karena harus bertarung dengan pemanah nasional, tapi saya ingin memastikan dalam Pra PON nanti kami bisa sukses dan meraih tiket ke PON 2020 serta dapat mengharumkan nama Kepri di Papua,” ungkap Dedek.

Kejurnas panahan Aceh ini juga menjadi ajang seleksi tingkat nasional untuk tim nasional panahan Indonesia guna berlaga di Asian Games 2018 Indonesia.

Sementara itu, pada turnamen panahan yang dilangsungkan di lapangan Taman Rusa sekupang, 7-8 Oktober 2017, atlet-atlet panahan asal Batam mampu mendominasi.

Di kategori SD putra 15 meter, juara pertama diraih Hafidz Rafif asal klub Batam Archery Center (BAC), juara kedua didapat Muhammad Affa dari Perpani Siak.

Pada kategori SD putri 15 meter, juara pertama diraih Nadia Jasmine (BAC), juara kedua didapat Nada Salima (BAC) dan juara ketiga diperleh Mazaya Fitriazka dari Sekolah Ulil Albab.

Di kategori SMP putra 20 meter, juara pertama diraih Andre Hartanto BAC, juara kedua didapat Satria Nurwijaya (BAC) dan juara ketiga diperoleh Hafidz Rafif (BAC).

Pada kategori SMP putri 20 meter, juara pertama diraih Nada Salima (BAC), juara kedua didapat Jasmin Sayyidina (BAC) dan juara ketiga diperleh Nadia Jasmine (BAC).

Di kategori SMA atau umum putra 30 meter, juara pertama diraih Athallah Raka (BAC), juara kedua didapat Andre Hartanto (BAC) dan juara ketiga diperoleh Sugeng Haryono (BAC).

Pada kategori SMA atau umum putri 30 meter, juara pertama diraih Ananda Nurul (BAC), juara kedua didapat Fandra Wimaputri (BAC) dan juara ketiga diperleh Fidhniya Aaliyah (Bifza Archery Sport Club).

“Ini merupakan pertanda baik, bahwa bibit-bibit atlet pemanah Batam sudah bermunculan. Tinggal dipoles dan dilatih lagi, tingkat nasional kami bisa bersaing,” tutup Dedek. (cr16)

Respon Anda?

komentar