Kamis, 25 April 2024

Pemko Batam Lirik Lahan Kampung Tua Sagulung

Berita Terkait

 

ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus berupaya mencari lahan untuk keperluan Balai Latihan Kerja (BLK) Kemaritiman yang akan dibangun Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Setelah Kemenaker menolak lahan dibilangan Nongsa, kini lahan yang dilirik yakni di bilangan Sagulung.

“Kami usahakan lahan yang di kampung tua di wilayah Sagulung. Ada yang dekat pantai di sana, (kampung tua) apa namanya itu ya?” kata Rudi, kemarin.

Namun kini, lahan yang ia maksud sedang dicek legalitasnya oleh tim teknis dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam dan tenaga ahli Kemenaker.

“Mereka sedang cari tahu tentang ini,” ucap Rudi.

Menurutnya, sebelum melirik lokasi ini pihaknya sempat menawarkan lahan di pulau Bulang. Namun sayang, lagi-lagi pihak Kemenaker menolak. PAdahal menurutnya, lahan yang juga tak jauh dari bekas kantor camat di wilayah ini di tengah laut.

“Ada bekas kantor camat, bisa tempat mes, tapi katanya terpisah dari Batam agak ribet. Kalau menurut saya, sebenarnya anak (siswa) dan prakteknya bisa fokus,” ucapnya.

Ditanya alasan kenapa lahan di Nongsa ditolak, Rudi menyebutkan lahan tersebut menurut Kemenaker tak terletak persis dekat pantai. Halangan yang lain yakni untuk sampai ke lokasi lahan ini, kapal akan melewati jembatan Nongsa Pura.

“Harus lewat di bawah jembatan Nongsa Pura, kapal tak bisa lewat di bawahnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, lahan untuk BLK yang menyerap angaran Rp 150 miliar itu harus ada tahun ini.

“Pemerintah pusat harap cepat tentang ini (lahan) harus selesai tahun ini,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti, belum lama ini. (cr13)

Update