Jumat, 29 Maret 2024

Batam Berhasil Ubah Air Limbah Jadi Air Bersih

Berita Terkait

Zen salah seorang pekerja PT NJH Lestari menunjukan air bersih hasil dari alat Andrich Tech Sistem alat pengelolaan air limbah menjadi air bersih pada acara pengujian di Intalsi Air Limbah BP Batam Batamcenter, Selasa (10/10/2017). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam mendapat opsi baru dalam pengelolaan air limbah menjadi air bersih. Salah satu perusahaan swasta lokal dari Bandung memperkenalkan Andrich Tech System yang dapat mempermudah masyarakat Batam dalam mendapatkan air bersih.

“Batam mendapat kesempatan untuk ujicoba teknologi anak-anak bangsa yakni ujicoba Andrich Tech System yang dikembangkan oleh lulusan ITB Bandung,” kata Deputi IV BP Batam, Robert Purba Sianipar, Selasa (10/10) di Instalasi Pengolahan Air Limbah BP Batam di Batamcentre.

Andrich Tech System menggunakan teknologi gelombang yang dipancarkan dari Lambda Separator yang berfungsi untuk dekomposisi polutan di air limbah.

“Dari air limbah, lumpur dan polutannya dibuang. Yang tersisa tinggal air bersih saja,” katanya lagi.

Setelah itu, air yang sudah terpisah dari polutan akan diolah lagi melalui teknologi ultra filtrasi.”Dengan itu, air yang keluar bisa diminum. Ini sangat aman,” katanya.

Andrich Tech System kata Robert dapat menjadi solusi untuk mempertahankan ketersediaan air di Batam dalam jangka panjang.”Sumber air kita terbatas, sedangkan masyarakat terus bertambah. Jadi harus ada cara baru untuk melakukan pengelolaan air, termasuk memanfaatkan air limbah,” katanya.

Lalu apakah BP Batam akan memanfaatkan teknologi ini. Robert mengatakan pihak PT MJH Lestari Internasional yang mengembangkan ini bisa mengikuti tender nantinya bersaing dengan pihak lain yang berminat untuk mencari cara baru mengelola air di Batam.

“Kami juga akan lihat berapa ongkosnya. Yang jelas semakin terjangkau dan semakin efisien. Itu yang dicari,” jelasnya.

Di tempat yang sama, salah satu penemu Andrich Tech System, Andri mengatakan keunggulan dari teknologi ini adalah sistemnya sederhana dan tidak komplek serta ramah lingkungan.

“Pengurangan biaya cukup tinggi karena minim bahan kimia, listrik kecil dan SDM yang dibutuhkan sedikit,” ujarnya.

Andrich Tech System juga tidak membutuhkan tempat yang besar, bisa diletakkan di dalam kontainer kecil.”Namun kapasitas air yang diolah sangat besar,” ungkapnya.(leo)

 

Update