Kondisi drainase di Perumahan Mangsang Permai Seibeduk yang sedang dikerjakan Dinas Bina Marga Kota Batam.
Foto: Yulianti/ batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam terus menggesa perbaikan drainase di sejumlah wilayah di Kota Batam. Salah satunya drainase yang ada di Mangsang Permai Seibeduk.

Drainase yang sebelumnya mengalami penyempitan sudah terlihat lebih luas. Di tepi drainase dipasang semen beton penahan longsor. Warga yang bermukim disekitar drainase tersebut mengaku merasakan dampak perbaikan tersebut. Mereka mengaku tak cemas dengan ancaman banjir yang kerap menghantui mereka pasca hujan lebat.

“Setelah pelebaran dan perbaikan rumah kami tak pernah tergenang lagi,” ujar Rofiqah, warga Kavling Mangsang, Rabu (11/10).

Selama ini, menurut Rofiqah pemukiman mereka merupakan salah satu lokasi langganan banjir. Di sepanjang jalan mulai dari Simpang Perumahan Puriagung hingga ke Kaveling Mangsang selalu di genangi air.

“Biasa selutut orang dewasa. Tapi sekarang biarpun hujan lebat sekali, airnya gak pernah meluap ke jalan apalagi ke rumah kami,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengatakan pihaknya terus menggesa pembangunan drainase guna menuntaskan permasalahan banjir yang terjadi di kota Batam.

Ia berharap pelebaran ini bisa segera rampung pengerjaanya, sehingga tidak ada rumah warga yang terendam banjir saat debit air meningkat.

“Kita maunya besarlah pasti dan sanggup menampung debit air, luasan drainse bisa 5-7 meterlah,” katanya kemarin.

Ke depan pihaknya akan melebarkan drainase hingga menuju laut. Ia menyebut saat ini masih banyak drainase induk yang belum ideal dan memerlukan pelebaran.

“Drainase hilir jadi harus besar, karena seluruh aliran air bermuara di sana sebelum ke laut. Asal ada lahan kita akan perluas,” terangnya. (cr19)

Respon Anda?

komentar