Masyarakat saat membersihkan sampah di laut. F: Syahid/Batam Pos

batampos.co.id – Camat Siantan Ardan, mengeluhkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Meskipun sudah diberikan tempat sampah, tapi sebagian besar masyarakat Tarempa dan sekitarnya masih saja membuang sampah di laut.

“Kalau mereka tidak membuang sampah di laut itu rasanya ada yang kurang,” ungkapnya ketika ditemui di ruang kerjanya Kemarin.

Dirinya tahu pasti kebiasaan warga Tarempa. Rata-rata warga yang membangun rumah panggung diatas permukaan laut, sengaja membuat lubang kecil dirumah. Lubang kecil tersebut fungsinya untuk membuang sampah keluarga. “Supaya mudah mereka membuang sampah melalui lubang itu,” ucapnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga pernah memergoki warga yang membuang sampah puing bangunan ke laut dengan sengaja. Padahal tempat sampah sudah tersedia disepanjang jalan umum. “Saya pernah pergoki warga membuang sampah puing di laut, saya langsung tegur,” ungkapnya.

Karena kegiatan di kecamatan banyak, maka kegiatan kebersihan yang awalnya ditangani pihak kecamatan, maka kini sudah dilimpahkan kembali seperti semula kepada Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas. Namun yang dilimpahkan kembali tersebut cuma masalah kebersihan di laut. Sementara kebersihan diwilayah darat masih ditangani pihak kecamatan.

“Kita serahkan kembali masalah kebersihan diwilayah perairan sekitar Tarempa ke Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, tapi masalah kebersihan wilayah darat masih menjadi wewenang pihak kecamatan,” ungkapnya lagi. (sya)

 

Respon Anda?

komentar