ilustrasi

batampos.co.id – Pemko Batam melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara resmi meminta Rp 2,6 Miliar untuk pemaparan rencana pembangunan gedung Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang rencananya akan dibangun di Bengkong,

“Jadi kami bersama enam kabupaten/kota se Indonesia diundang ke kementerian. Kami minta Rp 2,6 miliar itu langsung ke menteri,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Batam, Suleman Nababan, Selasa (12/10).

Saat ini Suleman berharap pusat segera melakukan verifikasi dan langsung mencairkan dana tersebut sehingga pembangunan gedungnya bisa langsung dimulai.

Ia mengatakan saat ini persiapan sudah hampir 100 persen. Lahan yang ada di dekat kawasan wisata Golden Prawn Bengkong sudah siap pakai. Kalau ini langsung disetujui kementerian, maka di 2018 awal akan mulai pembangunan.

“Kita tunggu saja. Kalau semua kelengkapan sudah ditandatyangani pak Walikota. Kita mau bergerak cepat. Pusat sedang melakuka verifikasi,” katanya.

Ia mengatakan BLUD ini nantinya bisa menjadi wadah bagi pelaku UMKM meningkatkan produksi dan potensinya. Di mana di BLUD ini nantinya semua hasil kerajinan bisa dipasarkan.

“Jadi sejumlah turis nanti bisa melihat hasil kerajinan yang dipasarkan di sini. Sejumlah stand yang mendukung UMKM akan bisa dilihat di sini,” katanya.

Anggota komisi II DPRD Kota Batam Mulia Rindo Purba mengatakan BLUD ini memang sangat bagus untuk perkembangan UMKM. Di mana selama ini banyak pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan hasil produksinya. Termasuk kesulitan untuk pengembangan kualitas produksi.

“Di sini nanti kan ada juga pendampingan. Jadi ini memang harus benar-benar didukung,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar