Jumat, 19 April 2024

Pesawat Bangau Air Mendarat Darurat

Berita Terkait

Tim penyelamat mengevakuasi korban tergelincirnya pesawar Bangau Air dalam Latihan Penaggulangan Keadaan Darurat di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Kamis (12/10). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Massa melakukan aksi protes. Menolak kehadiran tamu yang akan mendarat di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Kamis (12/10) kemarin. Aksi unjuk rasa ini lantas menganggu upaya Bangau Air yang akan mendarat di landasan bandara Tanjungpinang tersebut.

Kesulitan semakin jadi ketika masuknya drone di wilayah udara bandara. Tak terarahnya kontrol drone bahkan kian mendekat ke Bangau Air. Hingga akhirnya drone tersebut masuk ke mesin dari sisi sayap kanan pesawat.

Bangau air berisi puluhan penumpang lantas oleng. Akhirnya mulai mengeluarkan asap dari sisi masuk drone hingga akhirnya terjatuh karena tak mampu melakukan pendaratan dengan sempurna.

Seluruh tim penyelamatan dari pihak aparat, pemadam kebakaran, rumah sakit terdekat, KKP hingga puskesmas yang berada di sekitar bandara langsung menuju lokasi jatuhnya pesawat.

Api yang membumbung tinggi, langsung diupayakan untuk dipadamkan. Sebelum akhirnya tim medis melakukan upaya penyelamatan penumpang dan awak maskapai.

Demikian skenario simulasi upaya penyelamatan dari kecelakaan pesawat yang dilangsungkandi bandara RHF Tanjungpinang, Kamis pagi kemarin.

Melakukan pelatihan dan pemantapan koordinasi akan adanya kemungkinan kecelakaan, pihaka Bandara RHF menggandeng beberapa instansi melangsungkan simulasi tersebut. General Manager RHF Tanjungpinang, Yogi Prasetyo P menuturkan, keselamatan dan keamanan merupakan elemen penting dari jasa pelayanan yang ditawarkan.

Sehingga koordinasi seperti simulasi kemarin, merupakan salah satu proses untuk menjaga koordinasi antar lembaga dalam melakukan penyelamatan. Jika kecelakaan akhirnya tak dapat dielakkan.

“Bagaimana berkomunikasi hingga upaya masuk ke lokasi kejadian memang harus terkoordinir dengan baik saat kejadian seperti itu terjadi. Maka itu simulasi ini dilangsungkan,” tutur Yogi. (aya)

Update