Ilustrasi (Daily Mail)

batampos.co.id – 70 persen orang Amerika mempunyai ketakutan dan kecemasan akan pekerjaan mereka yang bisa diambil alih oleh robot, menyusul survei The Pew Research Center.

Tiga perempat orang Amerika mengatakan bahwa fenomena ini memang ‘agak realistis’. Robot dan komputer pada akhirnya akan melakukan sebagian besar pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh orang-orang.

“Masyarakat mengharapkan sejumlah pekerjaan. Padahal ada pekerjaan yang digantikan oleh teknologi dalam beberapa dekade mendatang. Namun, hanya sedikit yang berpikir bahwa pekerjaan mereka sendiri yang mengarah ke arah itu,” kata Aaron Smith, associate director di Pew Research Center.

Lebih dari separuh responden memperkirakan bahwa pekerja fast food, pengolah klaim asuransi, dan panitera hukum sebagian besar akan digantikan oleh robot dan komputer.

Selain itu, sebuah laporan dari Universitas Oxford, dan Yayasan Nesta menemukan bahwa hanya satu dari lima pekerja berada dalam pekerjaan yang akan menyusut pada tahun 2030.

Sedangkan laporan McKinsey juga menyimpulkan bahwa kurang dari lima persen pekerjaan mungkin sepenuhnya otomatis digantikan robot atau komputer. Itu menunjukkan bahwa para pekerja perlu terus meningkatkan keterampilan mereka karena pekerjaan yang ada berkembang dengan teknologi baru. (Daily Mail/ina/JPC)

Respon Anda?

komentar