Sabtu, 20 April 2024

Gedung Baru Pelabuhan Telagapunggur Dioperasikan Secepatnya

Berita Terkait

Pelabuhan Domestik Punggur, Batam.
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Gedung baru Pelabuhan Telagapunggur sudah mulai ditempati, tapi belum dioperasikan sepenuhnya. Sebab ada beberapa bagian yang masih dibiarkan kosong. Namun untuk menurunkan penumpang, sudah bisa melalui gedung baru.

“Rencananya fasilitas punggur akan dioperasikan penuh, secepatnya,” kata Kepala Kantor Pelabuhan (Kanpel) BP Batam Nasrul Amri Latif, Jumat (13/10).

Ia mengatakan masih ada beberapa perbaikan, sehingga pengoperasian secara penuh setiap lantai gedung baru Pelabuhan Telagapunggur itu terkendala. Ia mengatakan untuk lift masih sedang diperbaiki, dan dievaluasi secara teknis.

“Termasuk penyedian genset, sebagai back up,” ungkapnya.

Sementara itu Kastker Pelabuhan Telagapunggur, Zainor membenarkan hal yang disampaikan oleh Nasrul. “Lantai dua belum sepenuhnya,” ucapnya.

Tapi bangunan lama Pelabuhan Telagapunggur sudah dirubuhkan. “Awal bulan ini kalau gak salah. Dirubuhkannya bangunan lama itu, untuk mengejar pembangunan lahan parkir,” ungkapnya.

Lantai tiga bangunan baru Pelabuhan Telagapunggur ditempati Karantina Ikan, Kepolisian, Karantina Pertanian, Keberangkatan, Loket Tiket, ruang panel, ruang keberangkatan dan ruangan merokok. Sementara itu lantai duanya, kantor Syahbandar, Bea Cukai, Kantor Pelabuhan Laut BP Batam, Ditpam, informasi, ruang keberangkatan, kedatangan, toilet untuk disable, ruang menyusui, ruang VIP serta ruang panel.

Lantai satu, ada Bea Cukai, kantor kesehatan pelabuhan, Ditpam, keberangkatan, kedatangan, dan musholla.

Namun berbagai fasilitas yang direncanakan itu. Lantai tiga baru ada loket tiket. Lantai dua ruang tunggu, loket seaport tax, keberangakatan dan ruang runggu. Sementara itu lantai satu sudah terisi semuanya. (ska)

Update