Kamis, 18 April 2024

Sudah 6 Kampung KB Diresmikan

Berita Terkait

Warga Busung saat mencoba program KB jangka panjang bersamaan peresmian Kampung KB di Desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jumat (13/10) kemarin. F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bintan, kembali meluncurkan program Kampung KB di Desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jumat (13/10). Ini merupakan Kampung KB kelima yang diresmikan di Bintan pada tahun 2017.

Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (KB) Bintan, Kartini menuturkan, sudah 6 Kampung KB di Bintan yang telah diresmikan. 1 kampung diresmikan pada tahun 2016, sedangkan pada tahun 2017 sudah 5 Kampung KB yang telah diresmikan. “Target yang kita pasang 11 Kampung KB pada tahun ini,” katanya.

Di Desa Busung baru 61 pasangan dari total usia subur 125 pasangan yang baru menjadi peserta Keluarga Berencana. Rata-rata mereka menjadi peserta program KB jangka pendek yakni menggunakan suntikan pil dan kondom. Sedangkan program KB jangka panjang masih sedikit pesertanya. “Kampung KB ini diharapkan kepada peserta KB jangka pendek beralih ke program KB jangka panjang,” harapnya.

Dijelaskannya, program KB ini sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan terkecil yakni keluarga dan menghasilkan pembangunan yang berkualitas. Bahkan, diharapkan melalui program KB, tak ada lagi pernikahan dini. “Wanita usia ideal menikah 23 tahun, sedangkan laki-laki 25 tahun,” tukasnya. (cr21)

Update