Kamis, 28 Maret 2024

BMKG Ingatkan Adanya Badai Tropis Khanun

Berita Terkait

Cuaca diselimuti awan mendung menyelimuti kawasan Batamcenter dan sekitaranya. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menginformasikan adanya badai tropis Khanun di sekitar Laut Tiongkok Selatan.

Badai Tropis Khanun termasuk badai tropis ke-20. Menurut prediksi BMKG, nantinya badai ini akan menyebabkan hujan lebat beberapa wilayah di Kepulauan Riau (Kepri).

“Adanya badai tropis Khanun menyebabkan banyak massa udara menuju daerah tersebut. Akibatnya, defisit uap air yang menumbuhkan banyak awan konvektif penyebab hujan,” ungkap Suratman, Kasidatin BMKG Hang Nadim Batam, Minggu (15/10).

Nilai kelembapan udara lapisan atas yang rendah juga berpotensi dalam pertumbuhan banyak awan. Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan namun masih ada potensi hujan ringan hingga deras yang sifatnya lokal.

“Kondisi ini masih kondusif untuk akivitas transportasi darat dan udara,” katanya.

Namun demikian untuk aktivitas transportasi laut, ia menghimbau, agar masyarakat lebih berhati-hati terhadap gelombang tinggi di sekitar perairan Natuna. Serta adanya arus laut yang kuat terutama di wilayah perairan Batam, Bintan, dan Natuna.

“Transportasi darat dan udara masih kondusif. Untuk laut dihimbau berhati-hati,” tutupnya. (rng)

Update