Selasa, 19 Maret 2024

Baru 6 Parpol Diterima Berkasnya

Berita Terkait

Sekretaris DPD PKS Bintan Selamet disaksikan Ketua DPD PKS Bintan Raja Miskal (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran yang disaksikan komisioner KPU Bintan, Sugianto, Sabtu (14/10) siang lalu. F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Hingga Minggu (15/10) siang kemarin, baru 6 partai politik (parpol) yang berkasnya diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni Partai Perindo, Partai Nasdem, PSI, PDI Perjuangan, PKS dan Partai Berkarya. Berkas parpol yang dikembalikan  Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah, yang dihubungi siang kemarin membenarkan, sudah 6 parpol yang berkasnya diterima dan 2 parpol dikembalikan karena belum lengkap. Sementara itu, dua parpol lainnya yakni PKB dan PKPI, diakuinya telah datang ke kantor, namun sebatas konsultasi pendaftaran.

Parpol lainnya yang memiliki keterwakilan kursi di dewan Bintan yakni, Partai Demokrat sebagai partai penguasa, PAN, Hanura belum melakukan pendaftaran ke kantor KPU Bintan. Ia menjelaskan sesuai tahapan yang diatur dalam undang-undang nomor 7
tahun 2017, batas akhir pendaftaran parpol tanggal 16 Oktober (hari ini).

Setelah ditutup, artinya parpol yang tidak mendaftar tidak akan tercatat sebagai peserta pemilihan umum di Bintan. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran parpol mulai tanggal 17 Oktober sampai dengan tanggal 15 November 2017.

Jika nanti ada data dukungan parpol yang ganda, contohnya fotokopi KTP yang ganda maka pihaknya akan mengembalikan ke parpol untuk diperbaiki. Berkas data parpol yang sudah benar akan dikirim ke KPU pusat melalui KPU Provinsi Kepri tanggal 12 sampai dengan 15 Desember 2017.

“Verifikasi faktual tanggal 15 Desember sampai dengan tanggal 4 Januari,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Bintan, Raja Miskal mengatakan, pihaknya telah menyerahkan berkas pendaftaran, Sabtu (14/10) lalu. Pada pileg serentak nanti, partainya memasang target 6 kursi dari total 25 kursi yang diperebutkan di dewan Bintan. “Sekarang kita 3 kursi,” ungkapnya. (cr21)

Update