Selasa, 16 April 2024

Belum Semua Parpol Daftar

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas kembali mengingatkan kepada Partai Politik Parpol (Parpol) yang ada untuk segera mendaftar. Pasalnya hingga satu hari menjelang penutupan pendaftaran Parpol, sejumlah Partai Besar yang memiliki kursi di legislatif masih belum mendaftar.

“Hingga saat ini baru lima partai yang mendaftar dan lengkap antara lain yakni Perindo, Beringin Karya, PSI Grindra dan PPP. Sisanya sudah mendaftar namun masih belum lengkap dan ada kekurangan,” ungkap Divisi Hukum KPK Kabupaten Kepulauan Anambas M. Sani, Minggu (15/10)

Di kantor KPUD jalan Tanjung Lambai tampak sejumlah Komisione hadir menunggu perdaftaran Parpol seperti Ketua Syukrillah Idris, M. Sani, Novelino, Juliadi, dan Sekretaris KPU Kaharuzzaman. Bahkan Ketua Panwaslu Yopi Susanto, SE juga tampak hadir.

Sani menjelaskan, batas akhir pendaftaran adalah 16 Oktober pukul 00.00 WIB. Yang perlu menjadi Perhatian karena masih terdapat sejumlah partai yang telah mendaftar namun masih belum lengkap. “Ada sejumlah persyaratan yang masih belum dilengkapi membuat KPUD tetap buka pendaftara kendati hari libur. Itu tak ada masalah KPUD siap melayani,” ujarnya.

Yang diserahkan kepada pihaknya lanjut Sani, adalah F1 parpol berupa fotokopi KTA, KTP dan F2 yakni daftar nama anggota partai. Acuan data dari KPU RI yang diperoleh dari pengurus partai di level pusat. Begitu juga pengurus partai di kabupaten yang mendapat tembusan data dari pengurus pusat. “Nah, data dari kabupaten/kota terkadang tidak sama dengan yang disampaikan ke KPU RI,” ucapnya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) KKA Yopi Susanto, SE mengatakan, pada prinsipnya pada tahap ini sudah sesuai, proses penyerahan bukti salinan keanggotaan berjalan dengan mekanisme yang ada. Tidak ada tanggal merah dalam kalender kerja, bahkan batas akhir pendaftaran terakhir pukul 00.00 WIB. “Hari minggu tidak ada masalah bagi penyelenggara Pemilu,” tukasnya.

Sementara itu wakil ketua partai golkar Slamet, mengatakan jika partai berlambang beringin akan daftar pada hari terakhir pendaftaran yakni pada Senin (16/10). “Kemarin kami tidak jadi daftar, besok (hari ini) kami baru daftar,” ungkapnya kepada wartawan kemarin. (sya)

Update