Selasa, 19 Maret 2024

Karimun Ukir Rekor MURI

Berita Terkait

batampos.co.id – Satu lagi Kabupaten Karimun tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Setelah pelaksanaan pawai taaruf terbanyak dan terpanjang di MTQ Provinsi Kepri beberapa tahun lalu, kini giliran jajanan nusantara “Lakse” mencatatkan namanya di MURI.

Sebanyak 1.800 mangkok “lakse” disajikan di puncak perayaan HUT ke-18 Kabupaten Karimun, Sabtu (14/10) di Coastal Area Tanjungbalai Karimun. Hanya dalam hitungan menit, 1.800 lakse ludes dibagikan kepada masyarakat. Selanjutnya Bupati Karimun Aunur Rafiq memimpin makan lakse bersama ribuan masyarakat yang dihelat Dinas Pariwisata.

Alhamdulillah, hari ini (Sabtu, red), sebanyak 1.800 mangkok lakse yang kita makan bersama tercatat sebagai rekor MURI. Semoga, makanan khas Melayu ini membawa berkah, dan lebih mengenalkan Karimun kepada wisatawan,” ungkap Bupati.

Rafiq menegaskan, pencatatan rekor MURI untuk jajanan nusantara ini, bukan untuk gagah-gagahan. Sebaliknya, ingin menjadikan lakse sebagai makanan khas Karimun, sehingga apabila wisatawan datang langsung mengingat makanan khas yang terbuat dari bahan sagu ini,” ungkap Rafiq didampingi Wakil Bupati Anwar Hasyim.

Lakse merupakan makanan yang terbuat dari bahan sagu. Kemudian diolah menjadi mie. Dalam penyajiannya bisa digoreng, maupun diberi kuah kari.
“Lakse sudah menjadi makanan favorit kami kalau sore-sore berjalan di Coastal Area ini,” ungkap Kahar, seorang warga. (enl)

Update