Jumat, 29 Maret 2024

Gelombang Tinggi, Arus Laut Kencang

Berita Terkait

Petugas BMKG memantau kondisi cuaca. F. Dok Batam Pos

batampos.co.id – Masyarakat nelayan di Provinsi Kepulauan Riau diminta untuk berhati-hati saat beraktifitas di laut. Hal ini karena diperkirakan gelombang tinggi dan arus laut cukup kencang di perairan Kepri.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Bhakti Wira Kusumah, mengatakan tak hanya masyarakat nelayan. Penyedia jasa angkutan laut dan juga pengguna transportasi tersebut juga diminta untuk berhati-hati.

“Gelombang tinggi diperkirakan terjadi diperairan Natuna dan Anambas. Sedangkan arus kuat terjadi diperairan Natuna, Batam dan Bintan,” ujarnya.

Sedangkan kondisi cuaca di wilayah Kepri, kata Bhakti, diprediksi akan mengalami kondisi berawan dan hujan dengan intensitas ringan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari.

“Bila langit diselimuti awan hitam, jangan berteduh di bawah pohon. Hati-hati juga saat mengendarai kendaraan karena jalan licin,” katanya.

Namun, terang Bhakti, secara umum kondisi cuaca di Kepri cukup aman. Hanya saja perlu diwaspadai agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

“Kami meningatkan KSOP dan operator kapal jika cuaca kurang bersahabat agar menunda keberangkatan dan mengedepankan keselamatan saat berlayar,” pungkasnya.(ias)

Update