Jumat, 19 April 2024

Lestarikan Budaya Dangkong

Berita Terkait

Salah satu peserta Dangkong Festival Dance XII. F. Tri Haryono/batam Pos.

batampos.co.id – Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan Kabupaten Karimun, menggelar Dangkong Festival Dance XII sekaligus disejalankan dengan memperingati hari jadi ke-18 Kabupaten karimun bertempat di panggung Putri Kemuning Coastal Area, Sabtu (14/10) . Ada 12 grup yang menjadi peserta Dangkong Festival, mereka berasal dariĀ  Singapura, Malaysia, Riau Daratan, dan Kepri termasuk tuan rumah kabupaten Karimun.

“Dangkong Festival yang diagendakan setiap tahunnya, sangat memberikan kontribusi dalam melestarikan budaya melayu. Apalagi kedua negara Singapura dan Malaysia adalah serumpun, sehingga bisa menjalin talisilaturahmi yang akan berdampak terhadap kunjungan wisman ke Karimun,” jelas Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Sedangkan Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, Pemkab Karimun berupaya melestarikan budaya lokal terutama budaya melayu yang setiap tahun diagendakan melalui Dangkong Festival Dance yang sudah memasuki ke 12. Tujuannya, untuk menjadikan destinasi wisata khas kabupaten Karimun yang bisa memberikan efek ekonomi kepada masyarakat itu sendiri.

“Anda bisa lihat, antusias masyarakat melihat festival ini cukup ramai. Yang secara otomatis, pergerakan ekonomi masyarakat berputar dengan berbelanja para peserta Dangkong Festival selama di Karimun,” tuturnya.

Sementara itu Yetty Marliana kepala bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun mengungkapkan, peserta Dangkong Festival Dance XII ada 12 group termasuk dari dua negara yaitu Singapura dan Malaysia. Yaitu grup Dian Dancer, Nadi, Azpirasi, Perkumpulan Seni dari Singapura, kemudian Gamutra Terengganu, Majelis Banda Petaling Jaya asal Malaysia.

Sedangkan, dari Provinsi Riau ada Sanggar Seni Joged Pulau Padang, Komunitas Seni Muda Bernas (Kemas) berasal dari kabupaten Kepulauan Meranti, Bina Tasik dari kabupaten Pelalawan. Selanjutnya untuk Provinsi Kepri juga mengirimkan grupnya yaitu Dangkong Tradisional Serumpun Melayu Bersatu dari kabupaten Bintan, Kledang kota Tanjungpinang dan Long Dollah dari tuan rumah Kabupaten Karimun.

“Sebelumnya, kita tayangkan sinopsi hasil karya almarhum Syuryaminsyah dalam acara malam rahma tamah. Dangkong Festival Dance XII telah diagendakan dalam serangkaian hari jadi kabupaten Karimun ke 18,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, ratusan pasang mata menikmati pertunjukan Dangkong Festival Dance XII, sambil membawa keluarga maupun anak-anak. (tri)

Update