batampos.co.id – Rencana pembentukan Provinsi Kepulauan Natuna Anambas terus didengungkan, di hari jadi Kabupaten Natuna ke 18. Sepertinya tekad tokoh masyarakat dan tokoh politik di Natuna sudah bulat dan yakin Natuna dan Anambas menjadi Provinsi khusus.

Rencana dan impian Natuna menjadi satu Provinsi tersebut bahkan didengungkan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal pada hari jadi Kabupaten Natuna ke 18 digedung Sri Serindit kemarin, dan disambut baik staf ahli Meneko polhukam, Ryaas Rasyid.

“Rencana pembentukan Provinsi Kepulauan Natuna Anambas adalah impian masyarakat yang berada di perbatasan. Dan wacana ini mendukung program nawacita presiden Joko Widodo membangun dari pinggiran, dan Natuna itu letaknya paling ujung di Utara,” kata Hamid Rizal kemarin.

Menurut Ryaas Rasyid, dari pembentuk Kabupaten Natuna 18 tahun silam bukan tidak mungkin Natuna yang berada di tengah perbatasan laut Cina Selatan ditingkatkan menjadi provinsi. Dan Natuna memiliki peran penting dalam geopolitik dan geosetragis sebagai beranda terdepan.

“Sangat mungkin Natuna menjadi satu Provinsi, memisahkan diri dari Provinsi Kepri,” kata Ryaas Rasyid.

Rencana pembentukan Provinsi Kepulauan Natuna Anambas mendapata dukungan dari kalangan akedemisi, salah satunya Umar Natuna. Menurutnya Natuna memiliki historis yang perlu dikembalikan di masa jayanya ratusan tahun lalu adalah daerah lalulalang perlintasan perdagangan internasional.

Selain itu, kebutuhan administrasi dan penguatan institus pemerintahan di perbatasan. Seiring akselerasi percepatan pembangunan Natuna didaerah pinggiran paling Utara NKRI. Ditambah Natuna dijadikawan kawasan pertahanan militer.

“Secara umum, Natuna dan Anambas dijadikan Provinsi akan menguntungkan masyarakat luas. Dan Natuna punya potensi menjadi provinsi yang kaya, karena punya sumber daya alam, baik perikanan, pariwisata, minyak dan gas serta punya potensi pusat maritim dunia. Namun tentu perjuangan pembentukan provinsi Natuna Anambas akan ada pro dan kontra, terutama dari Provinsi Kepri sekarang,” sebut Umar Natuna. (arn)

Respon Anda?

komentar