Selasa, 19 Maret 2024

Panlih Surati Gubernur, Minta Calon Pengganti AW

Berita Terkait

batampos.co.id – Batas waktu bagi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri untuk melengkapi berkas pencalonan mereka adalah hari ini, Selasa (17/10).

Lantaran salah satu Cawagub, Agus Wibowo sudah menyatakan mundur, Rabu (18/10) besok Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur (Wagub) Kepri akan menyurati Gubernur Kepri, Nurdin Basirun untuk meminta pengganti Agus Wibowo ke partai pendukung Sani-Nurdin (Sanur).

“Batas akhir melengkapi berkas adalah besok (hari ini,red). Salah satu satu calon, Isdianto sudah melengkapi berkasnya. Sementara Agus menyatakan mundur, artinya jelas Panlih tinggal meminta nama pengganti dari partai pengusung,” ujar Anggota Panlih, Onward Siahaan menjawab pertanyaan Batam Pos, kemarin.

Dijelaskannya, sesuai dengan keputusan tatib, untuk mengganti dan mengusulkan kembali calon pengganti, Panlih akan memberikan waktu dua kali tujuh hari kerja. Selama waktu itu, Parpol diwajibkan untuk mengusulkan satu nama baru melalui Gubernur kepada DPRD.

“Jika dalam tenggat waktu yang diberikan itu, Gubernur dan Parpol belum juga mampu mengusulkan satu nama, maka Panlih akan mengambil langkah berikutnya,” tegasnya.

Politisi Partai Gerinda Kepri tersebut menjabarkan, khusus untuk Isdianto sementara ini cukup dengan hanya pernyataan pengunduran diri yang ditujukan kepada Panlih.

Kemudian, apabila sudah diparipurnkan dan diputuskan sebagai calon tetap, maka sejak saat itu statusnya bukan lagi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pada saat pemilihan nanti, Isdianto harus membawa Surat Keputusan (SK) dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) prihal pengunduran dirinya. Istilahnya adalah surat pensiun,” paparnya.

Legislator Komisi II DPRD Kepri tersebut menambahkan, kenapa pada tahap ini cukup dengan pernyataan pengunduran diri. Yakni untuk menghindari terjadi kerugian bagi calon. Karena ada kemungkinan diterima atau ditolak sebagai Cawagub.

“Sebelum diputuskan sebagai calon tetap, Panlih sudah pasti akan mengundang kembali masing-masing calon. Begitu juga konsekuensi politik atas keputusan yang dibuat,” jelas Onward. (jpg)

Update