Rabu, 24 April 2024

RSUD Embung Fatimah Sedia Layanan Poli Akupuntur

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah telah membuka poli akupuntur dan resmi beroperasi, Senin (16/10). Artinya RSUD Embung Fatimah merupakan satu-satunya rumah sakit yang menyediakan pelayanan kesehatan akupuntur medik yang ada di Kepri dan Riau.

“Hari ini sudah dibuka. Kita punya dua dokter spesialis akupuntur dan satu perawat yang siap melayani pasien,” ujar PLT Direktur RSUD, Didi Kusmarjadi saat dikonfirmasi.

Dua dokter yang melayani poli akupuntur tersebut adalah dr. Oey Beatrice Hakim Sp.Ak dan dr. Mohammad Fadly. Sp.Ak. Keduanya ini merupakan lulusan pendidikan dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dr Beatrice sendiri sudah membidangi ilmu akupuntur sejak tahun 2000.

Didi mengatakan pelayanan poli ini akan dibuka setiap hari sesuai dengan jadwal jam kerja. Keberadaan poli klinik terapi akupuntur sebagai bentuk wujud keseriusan RSUD Embung Fatimah untuk berbenah diri, melengkapi fasilitas kesehatan sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk berobat di daerah sendiri dapat terpenuhi.

Meski demikian, diakuinya, ketersediaan alat medik akupuntur di RSUD masih terbatas.

“Alat masih kurang. Mereka masih menggunakan alat sendiri. Mudah-mudahan tahun depan bisa kita anggarkan untuk peralatan mediknya,” ujar Didi.

Dr. Oey Beatrice Hakim Sp.Ak mengatakan pengobatan akupuntur bisa dijadikan terapi penunjang berbagai penyakit. Sehingga sangat bagus untuk mempercepat proses penyembuhan. Poli ini sendiri melayani pasien penderita berbagai penyakit seperti stroke, gangguan peredaran darah, nyeri bahkan kecantikan. Pengobatan penyakit ini mengandalkan jarum, lampu pemanas dan elektro simulator.

“Poli ini akan melayani pasien rawat inap,” kata Beatrice yang didampingi dr. Mohammad Fadly. Sp.Ak di ruang kerjanya.

Untuk terapi satu pasien, dibutuhkan waktu kurang lebih 45 sampai 50 menit. Keduanya berharap, dengan adanya poli akupuntur, masyarakat Batam tidak lagi kebingungan untuk mendapatkan pengobatan jarum suntik tersebut. Pengobatan akupuntur akan dilakukan sesuai dengan rekam medik yang diderita pasien.

“Jadi harus ada surat rujukan dari dokter,” tutup Beatrice . (cr19)

Update