Jumat, 29 Maret 2024

2018 Tiada Perekrutan Guru Honorer

Berita Terkait

batampos.co.id – Anggota Komisi IV DPRD kota Batam, Udin P. Sialoho mengatakan tidak ada perekrutan 150 tenaga honorer di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Batam di APBD murni 2018 ini.

“Kami lagi bahas di banggar (Badan Anggaran) DPRD Batam memang tak ada tahun ini. Kemungkinan baru bisa direalisasi di APBD perubahan 2018 nanti,” kata Udin, Selasa (17/10).

Menurut dia, anggaran dinas pendidikan masih memprioritaskan penambahan sekolah baru dan ruang kelas baru. Hal ini mengingat masih banyaknya keterbatasan ruangan belajar di setiap sekolah. “Masih seputar ruang kelas baru,” tuturnya.

Sementara itu anggota Komisi IV lain, Safari Ramadhan mengakui jika pada saat pembahasan di komisi, penambahan 150 guru honorer yang diusulkan dinas pendidikan sudah disepakati bersama.

“Tak tahu saya apakah di banggar termasuk di hold atau tidak. Yang jelas komisi sudah kita setujui untuk APBD murni 2018 dianggarkan untuk penambahan guru honorer,” katanya.

Bila melihat keterbatas tenaga pengajar saat ini, kata dia, tentu sudah seharusnya pemerintah daerah menganggarkan untuk penambahan guru. Sehingga proses belajar mengajar bisa lebih baik.

“Memang kita lagi butuh guru. Kalau di Banggar tentu ada penilaian sendiri,” sebut Safari.

Hanya saja harus singkron, dinas pendidikan harus bisa memberikan data yang rill. Terutama berapa kebutuhan guru, sekolah mana saja kekurangan guru serta guru apa saja yang dibutuhkan.

“Sehingga penganggarannya bisa lebih mudah,” katanya.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengaku tidak mengetahui penambahana 150 guru honorer tersebut. “Nanti kita cek lagi untuk memastikan. Apakah di APBD murni atau perubahan 2018 nanti,” katanya.

Diakuinya, justru yang menjadi prioritaskan banggar adalah pengadaan sarana prasarana rumah sakit Embung Fatimah yang dianggap penting dan paling dibutuhkan masyarakat Batam saat ini.

“Kalau pengadaan RSUD memang skala prioritas. Hanya saja untuk guru kita belum tahu. Nanti cek dulu di komisi terkait,” ujarnya singkat. (rng)

Update