batampos.co.id – Polda Kepri siap untuk mengawal Pilwako Tanjungpinang 2018. Tak hanya pengawalan, tapi juga pengawasan. Dan diikuti mulai dari pendataan, pelaksanaan, hingga proses akhirnya.

“Nantinya yang akan mengawasi dan mengawal sepenuhnya oleh Polres Tanjungpinang. Tapi akan di back up juga oleh Brimob dan juga TNI,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Selasa (17/10).

Sam mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bawaslu, KPUD dan KPU terkait dengan pelaksanaan pilkada ini. Dan nantinya dalam setiap tahapan pemilu, akan dilakukan evaluasi. Ia berharap dalam pemilu serentak untuk Kota Tanjungpinang, tak ada permasalahan yang berarti. Dan semua permasalahan itu dapat diatasi ditingkat bawaslu, KPUD.

“Tapi kalau tak bisa juga, kami memiliki Gakumdu. Gakumdu berfungsi nantinya untuk adanya dugaan pidana, lalu dilaporkan ke pihak kepolisian. Semoga saja tak ada masalah,” ujarnya.

Sam yakin tak ada permasalahan yang berarti. Karena pemilih saat ini sudah cerdas, sehingga pesta demokrasi ini berjalan dengan baik. “Untuk pengamanan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tanjungpinang nantinya,” ungkap Sam.

Sementara itu Gubernur Kepri Nurdin Basirun, menyambut baik langkah antisipasi yang dilakukan oleh Kapolda Kepri. “Pak Kapolda ini selalu pinter, dan sangat soft dalam membina masyarakat,” tuturnya.

Ia meyakini hal yang sama dengan Kapolda Kepri, bahwa pemilu ini berlangsung dengan baik. Dan dirinya tak khawatir dengan pelaksanaan pesta demokrasi serentak ini. “Jadikan pesta demokrasi ini ajang silaturahim, kalau beda pendapat wajar. Mari membangun Kepri yang damai dan maju,” pungkasnya. (ska)

Respon Anda?

komentar