ilustrasi F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pergantian pimpinan di jajaran BP Batam, tak membuat Polda Kepri mengendurkan pengamanan. Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian menuturkan pihak kepolisian akan selalu memberikan rasa aman dan nyaman bagi investor dalam berinvestasi.

“Mau siapapun pimpinan BP Batam, tak ada pengaruhnya bagi polisi. Pekerjaan kami, tetap memberikan rasa aman bagi siapapun,” kata Irjen Pol Sam Budigusdian, Rabu (18/10).

Ia mengatakan pihaknya selalu menjaga kondusifitas di Batam, baik dari tindak kejahatan maupun demo anarkis. Keadaan kondusif menjadi jaminan untuk investor, untuk bisa bekerja dengan tenang di Batam.

Sam meyakini juga kondusifitas ini juga merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan perekonomian Batam. “Ekonomi Batam melemah karena faktor global. Batam ini hampir mirim dengan Kaltim yang bertumpu pada tambang. Saat negara Eropa atau Amerika lamban menyerap barang hasil produksi Indonesia, itu berpengaruh ekonomi Batam,” ungkapnya.

Pimpinan BP Batam yang baru, dalam visi misinya akan membuat Kota Batam aman, bersih dan nyaman. Dalam penjabaran misi ini, pimpinan BP Batam yang baru akan menertibkan rumah liar yang ada di Batam, dengan cara yang lebih bijak.

Terkait penertiban ini, Irjen Pol Sam Budigusdian menegaskan pihaknya akan mendukung hal itu. “Sepanjang aturan itu melanggar hukum, harus ditertibkan,” ujarnya.

Dari pandangan Sam, permasalahan ruli selama ini akibat tak jelasnya dan tegasnya pengelolaan lahan. Sehingga adanya celah aturan yang dimanfaatkan pihak-pihak yang tak bertanggungjawab. Selain itu di ruli tersebut, kata Sam selalu ada pihak-pihak yang bermain. “Saat ditertibkan, kami ikut dalam mengasistensi. Disebut melanggar HAM. Di Jakarta saja bisa kok, disini kenapa tidak,” ungkapnya.

Ia mengatakan pengelolaan lahan di sini sangat jelas. Tapi karena tak tegasnya pengelola lahan, akhirnya semua masalah bermuara di pihak kepolisian. “Ujung-ujungnya polisi bertindak, mereka yang bermain disitu mencari untung. Sebab setiap ada penertiban ada LSM ini dan itu, main semua. Jadi tak boleh begitu,” ujarnya.

Oleh sebab itu ia meminta semua pihak agar bersinergi, agar dapat bisa bahu membahu membangun Batam menjadi lebih baik lagi.(ska)

Respon Anda?

komentar