Kamis, 25 April 2024

Warga Miskin Natuna Paling Tinggi

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan pusat statistik (BPS) Kabupaten Natuna menilai, tingkat kemiskinan masyarakat di Natuna masing tinggi. Dengan persentase meningkat sebesar 0,056 persen per tahun.

Kepala BPS Provinsi Kepri Panusunan Siregar mengatakan, dalam bedah indikator sosial dan makro ekonomi serta statistik sektoral di Natuna, persentase penduduk miskin di Natuna masih terjadi angka yang tinggi di Kepri.

“Rata-rata angka kemiskinan di Natuna meningkat,” kata Panusunan di kantor Bupati Natuna, kemarin.

Dijelaskan Panusunan, peningkatan persentase penduduk miskin di Natuna dipengaruhi peningkatan garis kemiskinan (GK) dari pendapatan masyarakat. Data BPS mencatat, pendapatan warga masih sebesar Rp 253,491 per bulan pada tahun 2011, menjadi Rp 302,043 pada tahun 2016.

Pendataan BPS katanya, satu rumah tangga beranggotakan 5 orang dengan penghasilan Rp 1,5 juta per bulan atau pendapatan hanya Rp 300 ribu perorang, maka keluarga tersebut masuk kategori keluarga miskin.

“Pendapatan Rp 1,5 juta atau Rp 300 ribu per bulan, tentu tidak mampu memenuhi kebutuhan. Fenomena ini mengindikasikan kesejahteraan masyarakat di Natuna terendah di Kepri,” ujarnya.

Dikatakannya, penyebab salah satu rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat Natuna adalah ekonomi Natuna sangat tergantung pada potensi tambang Migas. Kedepannya Natuna harus mendorong potensi Non Migas sebagai mesin penggerak ekonomi.(arn)

Update