Jumat, 29 Maret 2024

Diskop Upayakan Bangun Rumah Produksi Batik

Berita Terkait

M Yosli. F.Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Kepala Dinas Koperasi UKM dan ESDM (Diskop UKM dan ESDM) Karimun M Yosli mengaku akan mengajukan pembangunan rumah produksi batik. Selain mengasah kemampuan perajin batik, sekaligus memperkenalkan batik khas Bumi Berazam.

“Memang, untuk meningkatkan hasil produksi batik Karimun, kami akan mengupayakan dibangun rumah produksi batik,” ungkap Yosli saat peragaan batik Karimun di Aston Hotel, belum lama ini.

Namun sebelumnya, terlebih dahulu digelar pelatihan secara khusus bagi pembatik yang ada di Karimun. Hal itu diharapkan, mereka bisa memproduksi batik sendiri.
“Dalam waktu dekat kita akan kumpulkan para pengrajin. Di samping memberikan pelatihan khusus membatik, juga bagaimana memproduksi desain batik Karimun,” ungkap Yosli.

Untuk rumah produksi batik, kata Yosli, pihaknya mengusulkan kepada bupati. Termasuk mengupayakan bantuan peralatan.
“Sekarang kita sudah mempunyai delapan motif Bataik karimun yang sudah dipatenkan. Dengan adanya rumah produksi batik, tentu akan lebih banyak variatif motif-motif batik khas Karimun yang dihasilkan nantinya,” tegas Yosli.

Bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Karimun, pihaknya juga mengajak pelaku usaha terutama di bidang pebankkan untuk berinvestasi di bidang produksi kain batik.

“Kita akan berdayakan Dekranasnda untuk masalah promosi produk batik Karimun, terutama di segi pemasaran dan Kredit mikro. Selain tata cara untuk pengolahan keuangan hal tersebut juga untuk meningkatkan taraf ekonomi pelaku Usaha,” ucap Yosli. (enl)

Update