Kamis, 25 April 2024

Pemko tak Sanggup Beli Cold Storage

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang belum bisa memenuhi ekspektasi warga agar ada sarana penyimpanan kebutuhan pokok berupa cold storage maupun chiller. Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyebut, harga pengadaan fasilitas itu terlampau mahal.

“Harganya itu sangat fantastis. Minimal Rp 2,5 miliar,” sebut Lis, kemarin.

Kendati demikian, Lis tidak menutup mata bahwasanya keberadaan sarana penyimpanan semacam itu akan turut membantu ketahanan pangan di Tanjungpinang. Mengingat kota ini bukan kota produsen yang menggantungkan segala kebutuhan pokoknya dipasok dari luar daerah.

Jika distribusi sedang lancar dan baik-baik saja, memang tidak terjadi masalah kelangkaan. Namun, seringkali ketika musim angin buruk, bisa mengganggu proses pengiriman komoditas kebutuhan pokok dari luar daerah.

Hal ini lantas dapat menyebabkan kenaikan harga kebutuhan pokok lantaran stok yang terbatas. Dari keadaan ini, Lis berharap pada 2018 mendatang, akan ada bantuan sarana penyimpanan ini dari pemerintah provinsi, yang memang sejatinya harusnya bisa dimasukkan dalam skala prioritas kebutuhan daerah.

“Tentunya penting. Karena mampu menjaga stabilitas harga pada kondisi-kondisi sulit, jadi tetap bisa memenuhi kebutuhan,” pungkasnya. (aya)

Update